Rusia Tak Perang Habis-habisan dengan NATO, tapi Bisa Menghancurkannya dari Dalam

Rusia Tak Perang Habis-habisan dengan NATO, tapi Bisa Menghancurkannya dari Dalam

Global | sindonews | Kamis, 2 Mei 2024 - 15:15
share

Era yang relatif damai dan sejahtera yang dinikmati negara-negara Barat sejak akhir Perang Dunia II mungkin akan segera berakhir.

Pada bulan Maret lalu, Perdana Menteri Polandia Donald Tusk mengatakan Eropa berada di era “sebelum perang” dan Rusia tidak boleh mengalahkan Ukraina demi keamanan benua tersebut.

“Saya tidak ingin menakut-nakuti siapa pun, tetapi perang bukan lagi konsep masa lalu,” kata Tusk dalam wawancara dengan beberapa media Eropa. Faktanya, ini sudah dimulai lebih dari dua tahun lalu, merujuk pada invasi Rusia ke Ukraina.

Ini adalah salah satu dari serangkaian peringatan yang semakin keras bahwa perang di Ukraina bisa menjadi awal dari konflik yang lebih besar.

Dokumen perencanaan militer Jerman yang bocor pada bulan Januari membayangkan Rusia melancarkan serangan besar-besaran pada 2024 untuk mengambil keuntungan dari berkurangnya dukungan Barat di Ukraina.

Baca Juga: Zelensky: Ukraina Harus Kalahkan Rusia agar Bisa Gabung NATO

Dokumen-dokumen tersebut, yang diperoleh Bild, kemudian menggambarkan Rusia mengalihkan perhatiannya pada anggota-anggota NATO di Eropa Timur, dengan berupaya menggoyahkan musuh-musuhnya melalui serangan siber dan kekacauan internal di negara-negara Baltik seperti Estonia, Lithuania, dan Latvia.

Jerman bukan satu-satunya. Akhir tahun lalu, badan keamanan nasional Polandia memperkirakan Rusia dapat menyerang NATO dalam waktu tiga tahun.

Aliansi NATO yang beranggotakan 32 negara masing-masing bersumpah untuk melindungi satu sama lain dari serangan berdasarkan Pasal 5 Perjanjian Washington. Artinya, serangan Rusia terhadap salah satu anggota dapat memicu perang yang melibatkan beberapa negara bersenjata nuklir.

Namun apakah Presiden Rusia Vladimir Putin benar-benar berniat menyerang NATO dan seperti apa serangan itu, masih belum jelas.

Pada bulan Maret lalu, Putin membantah mempunyai rencana untuk menyerang anggota NATO, dan menggambarkan klaim tersebut sebagai “omong kosong belaka".

Namun para panglima militer Barat tidak yakin. Sebulan sebelumnya, Putin mengancam negara-negara Barat dengan kemungkinan serangan nuklir karena dukungannya terhadap Ukraina.

Dia menyinggung saran baru-baru ini dari Presiden Prancis Emmanuel Macron bahwa NATO dapat mengirim pasukan ke Ukraina untuk mendukung perjuangannya melawan invasi Rusia.

Para analis mengatakan kepada Business Insider, Kamis (2/5/2024), bahwa Rusia dilemahkan oleh dampak perang di Ukraina dan tidak dalam posisi untuk menyerang aliansi tersebut.

Namun Putin masih memainkan peran yang panjang, dan hasil perang di Ukraina serta upaya lama Rusia untuk melemahkan dan merusak NATO akan menjadi faktor kunci dalam menentukan apakah Rusia akan melakukan serangan.

Putin Berencana Merusak NATO

Putin memiliki keunggulan utama dibandingkan Barat, kata Philip Ingram, mantan perwira intelijen militer Inggris, kepada Business Insider.

Meskipun para pemimpin negara-negara Barat merencanakan siklus pemilu yang berlangsung sekitar empat tahun, Putin adalah pemimpin otoriter yang tidak memiliki penantang serius terhadap kekuasaannya. Itu berarti dia bisa melihat beberapa dekade ke depan.

“Saat ini, dia tidak menginginkan konfrontasi langsung dengan NATO,” kata Ingram.

“Tetapi dia berpikir dengan cara yang berbeda dan merencanakan dengan cara yang berbeda dengan yang kita lakukan di Barat, dan juga dengan cara yang dilakukan negara-negara NATO.”

“Jadi, ambisinya untuk berkembang bukanlah menyerang NATO dan negara-negara NATO tahun depan. Tapi dia akan menetapkan syarat agar bisa melakukannya,” kata Ingram.

Analis seperti Ingram percaya bahwa Putin menyadari bahwa menyerang NATO saat ini akan menimbulkan dampak yang sangat besar dan berat bagi Rusia.

Sebaliknya, Putin akan berusaha melemahkan NATO dari dalam untuk menciptakan titik lemah yang bisa dia serang di masa depan jika dia mau.

Untuk melakukan hal ini, Putin kemungkinan akan mengintensifkan apa yang disebut “perang hibrida” Rusia terhadap negara-negara NATO.

Seperti yang dikatakan NATO, peperangan hibrida “sering terjadi di zona abu-abu di bawah ambang batas perang konvensional.”

“Instrumen atau peralatan yang digunakan dan digabungkan untuk melancarkan peperangan hibrida sering kali sulit untuk dibedakan, diatribusikan, dan dikuatkan," kata aliansi tersebut.

Hal ini dapat mencakup penyebaran teori konspirasi dan disinformasi, mendukung partai-partai ekstremis di negara-negara tertentu, memicu ancaman teror, dan melancarkan serangan siber untuk melemahkan fondasi masyarakat Barat.

“Ancaman yang ditimbulkan oleh Rusia terhadap NATO tidak mungkin berupa invasi, namun kemungkinan besar datang dari serangkaian ancaman militer dan non-militer lainnya--yang sering disebut ancaman hibrida,” kata Ruth Deyermond, pakar militer Rusia di King's College London kepada Business Insider.

Tujuan utamanya adalah untuk menjauhkan AS dari komitmennya membela sekutu-sekutunya di Eropa, baik dengan berharap AS terlibat dalam kampanye militer yang memakan banyak biaya di tempat lain, atau bosan dengan proyek NATO.

“Oleh karena itu, saya perkirakan kita akan melihat Rusia menggunakan semua trik dan kemampuannya untuk melemahkan persatuan Barat di tahun-tahun mendatang,” kata Bryden Spurling, analis RAND Corporation, kepada Business Insider.

Perang Rahasia Sedang Berlangsung

Rusia, menurut beberapa pihak, sudah terlibat dalam perang dengan NATO, meski secara sembunyi-sembunyi.

Beberapa hari yang lalu, sekelompok pria di Inggris dituduh melakukan serangan pembakaran terhadap bisnis yang terkait dengan Ukraina atas nama intelijen Rusia. Ini hanyalah salah satu contoh taktik “perang hibrida”.

Dalam beberapa bulan terakhir, Rusia juga dituduh berada di balik pengacauan sistem navigasi pesawat GPS di Eropa utara dan Baltik, yang diklaim beberapa orang sebagai bagian dari serangan “perang hibrida”.

Robert Dover, seorang profesor keamanan internasional di Universitas Hull di Inggris, mengatakan pertanyaan apakah Rusia akan menyerang NATO sudah menjadi pertanyaan yang basi.

“Rusia sudah terlibat dalam konflik yang berarti dengan negara-negara NATO dan sekutunya,” ujarnya.

Perang di Ukraina memperlihatkan keterbatasan serius pada kekuatan militer NATO. Aliansi tersebut telah berjuang untuk menghasilkan cukup peluru artileri dan amunisi untuk Ukraina.

Selama bantuan AS diblokir Kongres baru-baru ini, negara-negara NATO di Eropa tidak mampu menutupi kekurangan tersebut, dan pasukan Ukraina diserang dengan kecepatan 10:1 di bagian garis depan, yang hampir runtuh.

AS baru-baru ini mengeluarkan bantuan tersebut, namun permasalahan yang dihadapi oleh situasi ini semakin parah, kata Spurling, analis RAND.

Ini, katanya, adalah kelemahan yang bisa dieksploitasi oleh Rusia jika tidak diperbaiki.

“Konflik ini telah memperlihatkan betapa tidak siapnya militer Barat menghadapi perang yang tidak sesuai dengan keinginan mereka,” ujarnya.

“Meskipun kami mempertahankan kerapuhan tersebut, ada risiko yang lebih besar yang menurut Rusia dapat dimanfaatkan,” katanya.

Rusia Dilemahkan oleh Perang Ukraina

Namun Rusia juga menghadapi masalah besarnya sendiri. Militernya telah dihancurkan oleh invasi balasan Ukraina.

Menurut perkiraan AS, seluruh pasukan invasi Rusia sebelum perang yang berjumlah sekitar 300.000 orang telah terbunuh atau terluka (walaupun jumlah tersebut telah bertambah), persediaan kendaraan lapis baja telah hancur, dan para komandannya terus menerus mengambil keputusan yang buruk.

“Sulit membayangkan skenario jangka pendek atau menengah di mana pemerintah Rusia memiliki sumber daya untuk terlibat dalam perang lain sebesar Ukraina,” kata Deyermond, pakar militer Rusia di King’s College London, kepada Business Insider.

Setiap potensi serangan terhadap NATO akan menimbulkan dampak yang sangat buruk sehingga dapat membahayakan kekuasaan Putin.

“Perang dengan NATO akan menghancurkan Rusia, seperti yang sudah diketahui Putin dengan baik, dan bahkan jika dia berpikir ada kemungkinan bahwa AS tidak akan mengambil tindakan untuk membela sesama anggota NATO dari invasi Rusia, dia tidak menunjukkan tanda-tanda ingin mencari tahu dengan bermain rolet nuklir Rusia,” kata Deyermond.

Namun betapapun lamanya waktu yang dibutuhkan, Putin bertekad untuk mencapai suatu bentuk kemenangan di Ukraina sehingga dia dapat menggunakannya sebagai platform untuk merencanakan kampanye Rusia berikutnya, kata Ingram.

Setelah Ukraina, Putin akan melakukan survei lapangan dan ingin memanfaatkan peluang lebih lanjut untuk memperluas kekuatan Rusia.

Seperti yang dikatakan Ingram: "Dia ingin Uni Soviet kembali ke tangan pemimpin Rusia, dan itulah tujuan utamanya."

Topik Menarik