4 Alasan Israel dan Sekutunya Takut dengan Status Buron dari ICC?

4 Alasan Israel dan Sekutunya Takut dengan Status Buron dari ICC?

Global | sindonews | Kamis, 2 Mei 2024 - 20:20
share

Israel telah lama dituduh bertindak tanpa mendapat hukuman di wilayah Palestina yang didudukinya, dan mengandalkan dukungan dari Amerika Serikat dan negara-negara Barat untuk melindunginya dari dampak buruk.

Namun banyaknya laporan media baru-baru ini dari Israel menunjukkan bahwa para pejabat Israel mungkin khawatir dengan perubahan yang terjadi karena Mahkamah Internasional (ICC) dilaporkan berencana untuk menuntut tokoh-tokoh militer dan politik Israel atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Gaza.

Laporan media Israel menunjukkan bahwa surat perintah penangkapan dapat dikeluarkan secepatnya pada minggu ini dan bahwa Israel telah meminta AS untuk menekan pengadilan agar tidak mengeluarkannya. Al Jazeera belum dapat mengkonfirmasi secara independen potensi surat perintah tersebut.

ICC telah berbicara dengan staf medis di Gaza tentang kemungkinan kejahatan perang, menurut kantor berita Reuters pada hari Selasa, menghidupkan kembali diskusi tentang kemungkinan surat perintah penangkapan.

Pada bulan Maret 2021, penyelidikan ICC atas tindakan Israel di Gaza dan Tepi Barat serta Yerusalem Timur yang diduduki sejak tahun 2014 diluncurkan di bawah kepemimpinan mantan Jaksa ICC Fatou Bensouda.

Pada bulan November tahun lalu, Bangladesh, Bolivia, Komoro, Djibouti, dan Afrika Selatan kembali mengajukan tindakan Israel ke pengadilan, sehingga Jaksa saat ini, Karim Khan, mengumumkan bahwa penyelidikan yang sedang berlangsung telah diperluas hingga mencakup kekerasan sejak perang terbaru Israel di Gaza dimulai pada bulan Oktober.

Sebulan kemudian, saat berkunjung ke Tepi Barat dan Israel, dia mengatakan pengadilan akan menyelidiki kejahatan yang dilakukan Israel dan Hamas pada dan sejak 7 Oktober.

Mengapa penyelidikan yang telah dilakukan selama tiga tahun tiba-tiba menimbulkan kekhawatiran di Israel telah menimbulkan beberapa pertanyaan.

4 Alasan Israel dan Sekutunya Takut dengan Status Buron dari ICC?

1. Israel Tidak Menandatangani Statuta Roma

Foto/Reuters

Israel tidak menandatangani Statuta Roma, perjanjian yang membentuk ICC, dan dengan demikian, tidak mengakui otoritasnya, begitu pula Amerika Serikat.

Biasanya, hal ini berarti pengadilan tidak dapat menyelidiki Israel; namun, yurisdiksinya mencakup kejahatan yang dilakukan oleh suatu negara anggota atau di wilayah salah satu negara anggotanya, dimana Palestina merupakan salah satu negara anggotanya, yang bergabung atas permintaan Otoritas Palestina pada tahun 2015.

Dengan demikian, pengadilan mempunyai wewenang untuk menyelidiki kejahatan berat dan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap siapa pun – termasuk tentara dan pejabat Israel – yang terlibat dalam melakukan kekejaman di Tepi Barat atau Gaza.

Baca Juga: Mengapa Hanya Suriah yang Menjadi Sekutu Iran di Timur Tengah?

2. Semua Petinggi Pemerintahan Israel Terancam Jadi Buronan ICC

Foto/Reuters

Menurut media Israel, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan panglima militer Herzi Halevi semuanya bisa terkena surat perintah penangkapan dalam beberapa hari mendatang, yang dapat berdampak signifikan pada karir politik dan militer mereka.

Netanyahu mengatakan pekan lalu di media sosial bahwa Israel “tidak akan pernah menerima upaya apa pun yang dilakukan ICC untuk melemahkan hak membela diri”.

Pakar hukum yang berbicara kepada Al Jazeera percaya bahwa setiap dakwaan akan terkait dengan kebijakan Israel yang mempersenjatai makanan untuk membuat warga sipil kelaparan di Gaza dan keputusan Hamas untuk menawan warga Israel selama serangan mendadak mereka pada 7 Oktober.“Kedua dakwaan ini paling mudah ditelusuri hingga ke pimpinan senior [kedua partai],” kata Adil Haque, profesor hukum di Rutgers University di New Jersey.

Perang Israel di Gaza telah menewaskan hampir 35.000 warga Palestina, menyebabkan daerah kantong tersebut berada di ambang kelaparan dan membuat hampir dua juta orang yang tinggal di sana terpaksa mengungsi.

Israel telah membela tindakannya ia berperang dengan dalih membela diri setelah serangan pimpinan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan yang menyebabkan kematian 1.139 orang dan penangkapan sekitar 250 orang.

Israel sejak itu menghadapi tuduhan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ), pengadilan tertinggi PBB, yang, seperti ICC, bermarkas di Den Haag.

Para ahli percaya bahwa dakwaan ICC dapat semakin melemahkan legitimasi perang Israel di Gaza dan mempersulit hubungan luar biasa Israel dengan sekutu Eropa yang merupakan anggota Statuta Roma.

“Ini akan menjadi momen besar bagi ICC sendiri, bagi Israel, dan sama pentingnya bagi sekutu Israel,” kata Hugh Lovatt, peneliti kebijakan senior dan pakar Israel-Palestina di Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa.

“Hal ini jelas akan dilihat sebagai stigmatisasi lebih lanjut terhadap Israel… atas tindakannya di Gaza.”

3. Karier Politik Netanyahu Akan Berakhir

Foto/Reuters

Dari tiga orang yang dianggap berpotensi menjadi subjek surat perintah penangkapan ICC, Netanyahu akan menghadapi dilema terbesar. Dia sudah berjuang untuk kelangsungan politiknya saat dia diadili atas tuduhan korupsi dan kegagalan keamanan yang menyebabkan terjadinya serangan tanggal 7 Oktober.

Sebagai kepala pemerintahan, ia dapat dilarang mengunjungi Uni Eropa, di mana semua negara anggota secara teori diwajibkan untuk menangkapnya sebagai bagian dari kewajiban mereka berdasarkan Statuta Roma.

“Ada 120 anggota [ICC] yang pada prinsipnya wajib menangkap mereka jika mereka menginjakkan kaki di negara-negara tersebut, dan ada argumen bahwa negara mana pun – bahkan jika mereka bukan pihak dalam pengadilan – dapat menangkap mereka, kata Haque.

Israel mengklaim memiliki “tentara paling bermoral di dunia” dan warga Palestina adalah “kumpulan orang-orang yang tidak terorganisir dan melakukan kekerasan tanpa kewarganegaraan yang menyerang Israel secara tidak adil”, kata Alonso Gurmendi Dunkelberg, pakar hukum internasional dan dosen di King’s College London.

“Seluruh narasi Israel… mengenai konflik ini berada dalam bahaya,” tambah Dunkelberg. “Ketika Anda mulai mengambil bagian dalam perdebatan, Anda akan menemukan bahwa [Israel] dituntut di ICJ karena genosida… dan kemudian Anda menambahkan ICC. Pada akhirnya, pada titik tertentu, narasi [Israel] mulai melemah.”

4. Adanya Standar Ganda

Foto/Reuters

Surat perintah penangkapan ICC terhadap pejabat Israel dapat mempunyai implikasi besar bagi sekutu Israel di Eropa, yang akan dipaksa untuk menyeimbangkan hubungan luar biasa mereka dengan Israel dengan dukungan nyata mereka terhadap tatanan berbasis hak internasional, menurut Lovatt.

“Negara-negara Eropa mendukung surat perintah penangkapan ICC terhadap [Presiden Rusia] Vladimir Putin [atas kekejaman di Ukraina],… jadi bagaimana mereka bisa keluar dan tiba-tiba menentang atau mengkritik dakwaan ICC terhadap pejabat Israel?” Dia bertanya.

“Jika mereka kembali melindungi Israel dari akuntabilitas internasional, maka hal ini akan semakin menggarisbawahi – di mata banyak negara lain di kawasan Selatan – bahwa Barat terlibat dalam permainan standar ganda, dan hal ini akan melemahkan … sistem hukum internasional. memesan."

Dunkelberg menambahkan, ada kemungkinan sekutu dekat Israel yang juga memiliki komitmen terhadap ICC, seperti Prancis, Jerman, dan Inggris, menolak menangkap para pemimpin Israel yang didakwa mengunjungi negara mereka.

Tindakan seperti ini akan merusak kredibilitas pengadilan secara global, namun hal ini bukanlah hal yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada tahun 2009, ICC mendakwa Omar al-Bashir, mantan presiden Sudan, atas kejahatan perang, namun negara-negara Afrika menolak untuk mematuhi surat perintah penangkapan ICC.

Pada saat itu, para pemimpin Eropa dan kelompok hak asasi manusia mengkritik negara-negara Afrika karena kegagalan mereka dalam menegakkan komitmen mereka berdasarkan Statuta Roma, kata Dunkelberg, seraya menambahkan bahwa sebagian besar pemimpin negara-negara Selatan sangat menyadari adanya standar ganda.

Namun, Eropa dapat memberikan pukulan mematikan kepada pengadilan jika mereka menolak untuk mematuhi perintah penangkapan ICC terhadap pejabat Israel.

Hal ini dapat menjadi preseden bagi para penandatangan Statuta Roma untuk mengabaikan perintah penangkapan yang dikeluarkan ICC atau menarik diri dari pengadilan.

“Jika tiba-tiba ketika pasokan chip turun, Israel hanya mendapat izin, maka itu akan menjadi paku terakhir dalam peti mati. Hal ini akan menciptakan krisis legitimasi besar-besaran bagi ICC,” kata Dunkelberg.

“Ada dampak politik bagi Eropa jika terus bertindak munafik.”

Topik Menarik