Hamas Segera Tanggapi Proposal Gencatan Senjata Israel

Hamas Segera Tanggapi Proposal Gencatan Senjata Israel

Global | sindonews | Kamis, 2 Mei 2024 - 22:01
share

Seorang pejabat senior Hamas mengatakan gerakan tersebut akan menanggapi proposal gencatan senjata yang diajukan Israel segera.

Dia menekankan perlunya menyetujui gencatan senjata permanen. Usulan Israel mencakup gencatan senjata selama 40 hari dan pertukaran tahanan warga Israel yang ditahan di Gaza dengan warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

Suhail Al-Hindi mengatakan kepada Agence France-Presse pada Rabu (1/5/2024) bahwa Hamas akan menyampaikan tanggapannya dengan jelas dalam waktu yang sangat singkat, meskipun dia tidak mengatakan secara pasti kapan hal itu diperkirakan akan terjadi.

Pemerintah Israel, yang menyampaikan tawaran terbarunya kepada Hamas melalui mediator Mesir akhir pekan lalu, mengharapkan tanggapan pada Rabu malam, ungkap seorang pejabat kepada Times of Israel.

Sumber yang mengetahui perundingan tersebut mengatakan mediator Qatar mengharapkan tanggapan dari Hamas dalam satu atau dua hari.

Sumber tersebut mengklaim Israel telah membuat konsesi termasuk periode tenang permanen setelah penghentian awal pertempuran dan pertukaran tahanan. Namun, penarikan diri Israel dari Jalur Gaza masih menjadi kendala.

Al-Hindi menambahkan gerakan tersebut memiliki keberatan pada beberapa poin dalam proposal tersebut dan telah menyampaikan keberatan tersebut kepada pihak Mesir, namun diskusi terus berlanjut.

Dia menambahkan, Ada kepentingan besar dari Hamas dan semua faksi perlawanan Palestina untuk mengakhiri perang gila terhadap rakyat Palestina, yang telah menghabiskan segalanya. Namun, itu tidak akan dikenakan biaya apa pun.

Hamas, dalam keadaan apa pun tidak boleh mengibarkan bendera putih atau menyerah pada syarat musuh Israel, ujar dia.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken bahwa tuntutan Hamas untuk mengakhiri perang di Gaza tidak akan mengarah pada kesepakatan pertukaran tahanan.

Dia menegaskan kembali ancamannya menyerang Rafah, menurut situs Walla, yang mengutip pejabat Israel dan AS.

Netanyahu rupanya mengatakan kepada Blinken bahwa Israel tidak setuju menghentikan perang, dan invasi ke Rafah tidak bergantung pada apa pun.

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada AFP bahwa pemerintah akan menunggu tanggapan hingga Rabu malam sebelum mengambil keputusan tentang pengiriman utusan ke Kairo.

Upaya mediasi menghentikan perang Gaza meningkat dalam beberapa hari terakhir menyusul proposal baru, yang dinegosiasikan antara Tel Aviv dan Kairo, yang mencakup apa yang digambarkan media Israel sebagai konsesi besar.

Proposal Israel untuk pertukaran tawanan tidak mencakup janji mengakhiri perang, melainkan menyelesaikan perjanjian mengenai pengaturan yang diperlukan untuk mengembalikan ketenangan yang berkelanjutan dan mengumumkan pemberlakuannya sebelum memulai pertukaran tahanan dan tawanan antara kedua pihak."

Delegasi Hamas meninggalkan Kairo pada Senin malam, setelah bertemu dengan Intelijen Umum Mesir untuk membahas proposal gencatan senjata baru, dan akan kembali segera untuk menyampaikan tanggapan akhir gerakan tersebut.

Topik Menarik