Mengapa Negara-negara di Asia Timur Mengalami Krisis Bayi?

Mengapa Negara-negara di Asia Timur Mengalami Krisis Bayi?

Global | sindonews | Sabtu, 16 Maret 2024 - 21:21
share

Tingkat kelahiran yang rendah di Korea Selatan telah dinyatakan sebagai keadaan darurat nasional meskipun ada upaya pemerintah untuk memberikan insentif kepada orang-orang untuk menjadi orang tua dengan membayar 2 juta won (USD1.510) untuk kelahiran setiap anak serta memberikan sejumlah tunjangan lain kepada orang tua.

Negara ini adalah salah satu dari beberapa negara di Asia Timur dan Tenggara yang angka kelahirannya menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir. Faktanya, kelima negara dengan angka kelahiran terendah di dunia (kecuali Ukraina, yang sedang dilanda perang) berada di Asia Timur, menurut laporan CIA pada tahun 2023.

Mengapa Negara-negara di Asia Timur Mengalami Krisis Bayi?

1. Korea Selatan Paling Parah

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Korea Selatan, yang merupakan salah satu negara dengan tingkat kesuburan terendah di dunia, kembali mengalami penurunan angka kelahiran.

Bulan lalu, Statistik Korea menerbitkan data yang menunjukkan bahwa angka kelahiran di negara tersebut telah turun sebesar 8 persen pada tahun 2023 menjadi 0,72 dibandingkan dengan tahun 2022 yang sebesar 0,78. Angka kelahiran mengacu pada jumlah anak rata-rata yang dimiliki seorang wanita selama hidupnya.

Para ahli memperingatkan bahwa populasi Korea Selatan yang berjumlah 51 juta orang mungkin akan berkurang setengahnya pada tahun 2100 jika tingkat penurunan ini terus berlanjut.

Menurut publikasi CIA tahun 2023 yang membandingkan tingkat kesuburan di seluruh dunia, penurunan angka kelahiran jauh lebih tajam di Asia Timur dibandingkan wilayah lain.

Laporan CIA menyebutkan angka kelahiran di Korea Selatan sedikit lebih tinggi dari perkiraan negara tersebut, yakni sebesar 1,11. Namun angka ini masih merupakan angka terendah kedua di dunia.

Menurut laporan CIA, angka kelahiran di Taiwan yang memiliki pemerintahan mandiri adalah yang terendah di dunia, yaitu hanya 1,09, sedangkan di Singapura dan Hong Kong, angka kelahiran masing-masing adalah 1,17 dan 1,23.

China, yang memberlakukan kebijakan satu anak yang ketat sejak tahun 1980 hingga 2015, memiliki angka kelahiran sebesar 1,45. Jepang, yang telah lama menghadapi masalah populasi menua, memiliki angka kelahiran sebesar 1,39.

Angka-angka ini sangat kontras dengan negara-negara lain di dunia. 10 negara dengan angka kelahiran tertinggi semuanya berada di Afrika. Niger adalah yang tertinggi dengan 6,73, diikuti oleh Angola dengan 5,76.

Di negara-negara Barat, angka kelahiran jauh lebih rendah dari angka tersebut, namun masih lebih tinggi dibandingkan di Asia Timur. Di Amerika Serikat, angkanya 1,84 sedangkan di Jerman 1,58.

Meskipun para ahli demografi menyebut angka kelahiran sebagai angka kesuburan, istilah ini mencakup mereka yang memilih untuk tidak memiliki anak dan juga mereka yang tidak dapat memiliki anak.

Ada beberapa alasan penurunan di Asia.

Pertumbuhan ekonomi dan perbaikan kondisi kehidupan telah mengurangi angka kematian anak, dan karena diperkirakan akan ada lebih banyak anak yang hidup hingga dewasa, hal ini menyebabkan pasangan memiliki lebih sedikit anak, kata para analis di East-West Center, sebuah organisasi penelitian internasional.

Para analis menjelaskan dalam sebuah artikel di majalah Time bahwa pertumbuhan ekonomi dan kesempatan pendidikan bagi perempuan juga telah menyebabkan mereka menolak peran tradisional, seperti sebagai ibu rumah tangga dan ibu. Akibatnya, mereka mungkin memilih untuk menghindari pernikahan dan melahirkan anak sama sekali.

Namun, Ayo Wahlberg, seorang profesor di departemen antropologi di Universitas Kopenhagen, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa penjelasan ini adalah deskripsi yang tidak lengkap tentang apa yang sedang terjadi. Meskipun mungkin ada korelasi antara lebih banyak perempuan yang bekerja dan rendahnya angka kelahiran, Wahlberg mengatakan baik laki-laki maupun perempuan bekerja dengan jam kerja yang lebih panjang dibandingkan masa lalu, sehingga memberi mereka lebih sedikit waktu dan energi untuk mendedikasikan diri pada pengasuhan anak.

Dia mencontohkan sistem 996 jam kerja di China, yang mengharuskan beberapa perusahaan bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam, enam hari seminggu. Wahlberg menambahkan bahwa di Korea Selatan, kondisi kerja juga sama ketatnya. Kapan kamu punya waktu untuk merawat anak dalam kasus seperti itu? Dia bertanya.

Ia juga menunjukkan bahwa di banyak negara, beban pekerjaan rumah tangga dan pengasuhan anak lebih banyak ditanggung oleh perempuan dibandingkan laki-laki. Selain itu, perempuan mengalami diskriminasi berbasis kehamilan di tempat kerja jika perusahaan memutuskan untuk tidak mempekerjakan karyawan yang perlu mengambil cuti melahirkan.

Perempuan di Asia Timur menghadapi kesenjangan upah gender yang terburuk di antara anggota Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Selain itu, mereka sadar bahwa mengambil cuti melahirkan dapat membahayakan peluang mereka untuk mendapatkan promosi dan kemajuan dalam karier mereka. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk tidak memiliki anak meskipun ada tekanan dari keluarga atau masyarakat untuk melakukannya, katanya.

Apakah itu egois? Saya pikir lebih baik bersikap rasional terhadap situasi yang sangat tidak dapat diterima, kata Wahlberg.

Baik perempuan maupun laki-laki juga memutuskan untuk tidak memiliki anak sebagai bagian dari gerakan yang memiliki keprihatinan mendalam terhadap perubahan iklim.

3. Perekonomian Asia Timur Akan Tenggelam

Foto/Reuters

Rendahnya angka kelahiran pada akhirnya akan menyebabkan penurunan jumlah penduduk. Wahlberg mengatakan, untuk menggantikan dan mempertahankan populasi saat ini, diperlukan angka kelahiran sebesar 2,1.

Menurunnya angka kelahiran dapat menimbulkan dampak buruk terhadap perekonomian.

Banyak negara menghadapi kekurangan tenaga kerja dan berjuang menghadapi tuntutan populasi yang menua. Dengan kemajuan dan perkembangan di bidang kesehatan dan ilmu pengetahuan dalam beberapa dekade terakhir, angka harapan hidup meningkat tajam, hal ini menimbulkan kekhawatiran mengenai bertambahnya usia lanjut di masyarakat yang tidak memiliki cukup generasi muda untuk merawat mereka.

Beban yang ditanggung oleh kaum muda untuk mendukung populasi lansia yang jauh lebih besar dan tidak lagi bekerja juga menjadi tidak dapat ditoleransi, menurut laporan Pew Research Center di Amerika Serikat pada tahun 2023, yang menyimpulkan bahwa pajak pendapatan dan penjualan mungkin harus meningkat tajam. di masa depan sebagai kompensasi.

4. Insentif Memiliki Anak Digubris Warga

Foto/Reuters

Negara-negara Asia Timur berupaya meningkatkan angka kesuburan dengan memberikan insentif kepada perempuan untuk memiliki lebih banyak anak.

Di Jepang, di mana tingkat penutupan sekolah mencapai lebih dari 475 sekolah per tahun sejak tahun 2002 karena kurangnya siswa, Perdana Menteri Fumio Kishida telah menjadikan penurunan angka kelahiran sebagai prioritas. Populasi kaum muda akan mulai menurun drastis pada tahun 2030an. Jangka waktu hingga saat itu tiba adalah kesempatan terakhir kita untuk membalikkan tren penurunan kelahiran, katanya saat mengunjungi fasilitas penitipan anak pada bulan Juni.

Meskipun tingkat utangnya tinggi, pemerintahannya telah mengumumkan rencana untuk menghabiskan 3,5 triliun yen ($25 miliar) per tahun untuk perawatan anak dan langkah-langkah lain untuk mendukung orang tua dan mendorong orang menjadi orang tua.

Di Korea Selatan, lebih dari 360 triliun won ($270 miliar) telah dihabiskan untuk berbagai bidang seperti subsidi penitipan anak sejak tahun 2006.

China telah menghapuskan kebijakan satu anak. Dari tahun 2016 hingga 2021, negara ini beralih ke kebijakan dua anak. Kini, kebijakan tiga anak sudah diterapkan.

Membalikkan aturan satu anak sejauh ini tidak berhasil di China, karena angka kelahiran terus menurun.

Karena beban pengasuhan anak yang tidak seimbang ditanggung perempuan, sebagian besar perempuan di China tidak menginginkan anak ketiga, menurut penelitian yang dilakukan oleh Global Institute for Womens Leadership. Lebih lanjut, dalam survei yang dilakukan situs pencari kerja Zhilian Zhaopin pada tahun 2022, hanya 0,8 persen responden yang menyatakan ingin memiliki tiga anak.

Solusi potensial selain meningkatkan angka kelahiran adalah dengan membuka lebih banyak imigrasi bagi negara-negara Asia untuk mengakhiri atau mengurangi kekurangan tenaga kerja. Jepang, satu-satunya negara maju yang secara historis menutup pintunya bagi imigran, melakukan hal ini pada tahun 2018 ketika parlemennya menyetujui undang-undang baru yang menyatakan bahwa hingga 300.000 orang asing dapat diberikan satu dari dua visa baru tergantung pada keterampilan kerja dan kemahiran mereka dalam bekerja.

Topik Menarik