Demonstran Pro-Palestina dan Pro-Israel Bentrok di Universitas California

Demonstran Pro-Palestina dan Pro-Israel Bentrok di Universitas California

Global | sindonews | Senin, 29 April 2024 - 19:40
share

Pengunjuk rasa pro-Palestina dan pro-Israel bentrok di Universitas California, Los Angeles (UCLA) ketika demonstrasi mengenai perang di Gaza terus berlanjut di kampus-kampus AS.

Demonstrasi nasional – yang telah terjadi ratusan penangkapan – tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti selama akhir pekan.

Di UCLA, "pertengkaran fisik terjadi" setelah penghalang yang memisahkan kedua belah pihak dilanggar.

Gedung Putih bersikeras bahwa demonstrasi harus tetap damai.

"Pemerintah AS menghormati hak para pengunjuk rasa yang berdemonstrasi menentang perang Israel-Gaza," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional kepada ABC.

Namun pihaknya mengulangi kecaman atas insiden antisemitisme yang telah dilaporkan. “Semua ujaran kebencian dan ancaman kekerasan di luar sana”, kata John Kirby kepada ABC pada hari Minggu.

Di UCLA, kelompok pro-Palestina telah bertambah besar dalam beberapa hari terakhir, begitu pula dengan kelompok kontra-protes pro-Israel.

Dewan Amerika Israel (IAC) mengorganisir protes balasan. Baru-baru ini mereka mengatakan bahwa mereka mempunyai “keprihatinan yang mendalam” atas antisemitisme yang dilaporkan di tempat lain, termasuk di Universitas Columbia.

Banyak pengunjuk rasa pro-Palestina berusaha menjauhkan diri dari insiden antisemit dan dalam beberapa kasus mereka menyalahkan agitator dari luar.

Kedua kelompok di UCLA tetap damai hingga hari Minggu, kantor berita Reuters melaporkan, ketika polisi kampus dengan tongkat memisahkan mereka saat mereka saling dorong dan dorong, serta saling bertukar pukulan.

Belum jelas kelompok mana yang menerobos penghalang yang memisahkan mereka.

“Kami sedih atas kekerasan yang terjadi,” demikian keterangan UCLA. Mereka menambahkan bahwa langkah-langkah keamanan tambahan telah diberlakukan sebagai tanggapannya.

Ketegangan berkobar di universitas-universitas AS setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, yang menewaskan sekitar 1.200 orang di Israel, dan serangan balasan militer Israel yang telah menewaskan lebih dari 34.000 orang di Gaza.

Dalam dua minggu terakhir, pemberontakan berskala nasional telah terjadi dan para pejabat universitas dan penegak hukum kesulitan untuk mengatasinya. Mereka menyalahkan kelompok luar yang menyusup ke dalam demonstrasi.

Gerakan ini tampaknya semakin diperkuat dengan penangkapan lebih dari 100 pengunjuk rasa di Universitas Columbia di New York City setelah polisi dipanggil untuk membersihkan sebuah perkemahan.

Ratusan orang telah ditangkap di berbagai lokasi di seluruh AS dari pantai ke pantai – banyak di antaranya mendirikan tenda sendiri di halaman universitas.

Baca Juga: Aktifkan Sel Perjuangan di Luar Gaza, Hamas Luncurkan Puluhan Roket dari Lebanon

Para pengunjuk rasa menuntut gencatan senjata dalam konflik tersebut, dan universitas-universitas mereka – yang sebagian besar memiliki dana abadi yang besar – memutus hubungan keuangan, atau melakukan divestasi, dari Israel.

Mereka mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan yang melakukan bisnis di atau dengan negara Israel terlibat dalam perang yang sedang berlangsung di Gaza – dan begitu pula lembaga-lembaga yang berinvestasi di perusahaan-perusahaan tersebut.

Melansir BBC, para pejabat juga berupaya keras menangani dugaan insiden antisemitisme, dengan sejumlah mahasiswa Yahudi menyuarakan kekhawatiran akan keselamatan mereka.

Di beberapa kampus, mereka berbicara tentang berbagai insiden mulai dari nyanyian dan tanda-tanda yang mendukung Hamas – kelompok teror terlarang di AS – hingga pertengkaran fisik dan ancaman yang dirasakan.

Universitas Northeastern di Boston, Massachusetts, melaporkan "penghinaan antisemit yang kejam" dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu yang menuduh "penyelenggara profesional yang tidak berafiliasi dengan Northeastern" menyusup ke protes mahasiswa.

Lebih dari 100 orang ditahan, tambahnya.

Topik Menarik