Bagaimana Kesenjangan Generasi Memicu Gerakan Demonstrasi Pro-Palestina di AS?

Bagaimana Kesenjangan Generasi Memicu Gerakan Demonstrasi Pro-Palestina di AS?

Global | sindonews | Senin, 29 April 2024 - 20:20
share

Sebuah gerakan protes kampus yang berfokus pada Gaza di Amerika Serikat telah menyoroti kesenjangan generasi di Israel, kata para ahli, dengan kesediaan generasi muda untuk menantang politisi dan administrator perguruan tinggi yang terlihat di seluruh negeri.

Kesenjangan opini dimana generasi muda Amerika umumnya lebih mendukung warga Palestina dibandingkan generasi sebelum mereka menimbulkan risiko terhadap peluang terpilihnya kembali Presiden Partai Demokrat Joe Biden yang berusia 81 tahun.

Kami sudah melihat bukti kesenjangan generasi di Israel, dan ini akan menjadi masalah jangka panjang bagi Partai Demokrat, kata Omar Wasow, asisten profesor ilmu politik di Universitas California, Berkeley, dilansir Al Jazeera.

Protes ini mempercepat kesenjangan generasi, kata Wasow kepada Al Jazeera.

Mahasiswa Universitas Columbia di New York mendirikan perkemahan solidaritas Palestina minggu lalu, dan sejak itu mereka menghadapi penangkapan dan tindakan disipliner lainnya setelah pihak administrasi perguruan tinggi meminta polisi untuk membubarkan protes tersebut.

Namun, meski ada tindakan keras, perkemahan serupa bermunculan di seluruh Amerika, serta di negara-negara lain.

Rekaman mahasiswa, profesor, dan jurnalis yang ditahan secara kejam oleh petugas di berbagai kampus memicu kemarahan namun tidak berbuat banyak untuk memperlambat momentum protes, yang terus menyebar.

Bagaimana Kesenjangan Generasi Memicu Gerakan Demonstrasi Anti-Israel di AS?

1. Momen Perubahan

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, para mahasiswa sebagian besar menuntut agar universitas mereka mengungkapkan investasi mereka dan menarik dana dari produsen senjata dan perusahaan yang terlibat dengan militer Israel.

Politisi dari kedua partai besar AS, serta Gedung Putih dan kelompok pro-Israel, menuduh para mahasiswa memicu anti-Semitisme tuduhan yang dibantah keras oleh para pengunjuk rasa.

Eman Abdelhadi, sosiolog di Universitas Chicago, mengatakan generasi muda semakin frustrasi dengan status quo dalam masalah kebijakan dalam dan luar negeri.

Saya pikir ada ketidakpuasan yang nyata di kalangan generasi tua, namun yang lebih penting lagi adalah dengan sistem yang mereka jalankan, kata Abdelhadi.

Dia menambahkan bahwa protes tersebut menandai momen perubahan dalam opini publik AS secara lebih luas.

Dalam sejarah Amerika secara umum, biasanya perubahan besar dalam opini publik terjadi bersamaan atau dipicu oleh gerakan mahasiswa yang besar, kata Abdelhadi kepada Al Jazeera.

Ia mengatakan aktivisme kampus bisa menjadi landasan perubahan politik. Ada perasaan bahwa ini adalah masa depan.

Selama bertahun-tahun, jajak pendapat publik di AS menunjukkan bahwa generasi muda lebih bersimpati terhadap Palestina dan kritis terhadap Israel.

Namun masyarakat Amerika secara keseluruhan semakin kritis terhadap perlakuan Israel terhadap warga Palestina, termasuk dalam perang yang sedang berlangsung di Gaza.

Berbagai jajak pendapat menunjukkan bahwa mayoritas responden AS mendukung gencatan senjata permanen di daerah kantong Palestina yang terkepung, di mana Israel telah membunuh lebih dari 34.000 warga Palestina sejak konflik tersebut pecah pada 7 Oktober.

Namun Biden tetap mempertahankan dukungan kuatnya terhadap Israel, sekutu utama AS di Timur Tengah, di tengah perang.

Sikap presiden berusia 81 tahun itu bisa berdampak buruk secara politik, karena Biden menghadapi persaingan yang sulit untuk terpilih kembali pada pemilu November mendatang yang diperkirakan akan mempertemukannya dengan pendahulunya dari Partai Republik, Donald Trump.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa Biden perlu mengajukan banding kepada basis Partai Demokrat, yang tidak bersatu dalam mendukung Israel seperti Partai Republik.

Angus Johnston, sejarawan aktivisme mahasiswa AS, menjelaskan bahwa kesenjangan generasi mengenai Israel sangat menonjol di kalangan Demokrat.

Di tingkat nasional, kami telah melihat hal ini sebagai keterputusan antara nilai-nilai pemilih muda dan sebagian besar politisi Demokrat, kata Johnston kepada Al Jazeera.

Dan apa yang kita lihat sekarang adalah keterputusan serupa antara generasi muda di kampus dan banyak pengelola kampus, serta alumni dan donatur.

Abdelhadi, sosiolog tersebut, menambahkan bahwa pendekatan penegakan hukum yang keras terhadap protes solidaritas di Gaza telah melemahkan argumen Partai Demokrat bahwa memilih Biden akan melindungi negara dari Trump, yang mereka tuduh sebagai otoritarianisme.

Kenyataannya adalah Partai Demokrat telah memberi tahu kita bahwa kaum muda perlu menyelamatkan demokrasi dan bahwa orang-orang kulit berwarna perlu menyelamatkan demokrasi dan bahwa segala perselisihan dengan pemerintahan saat ini perlu dikesampingkan demi menyelamatkan demokrasi, katanya kepada Al Jazeera. .

Tetapi di manakah demokrasi ketika ada aparat negara yang memukuli mahasiswa dan dosen karena melakukan protes, dan Gedung Putih tidak mengatakan apa-apa tentang hal itu?

Wasow juga mengatakan protes dan tindakan keras terhadap mereka dapat menambah sikap apatis terhadap Biden.

Demokrat tidak mampu memberikan lebih banyak alasan kepada masyarakat untuk memilih menentang Biden, dan ini benar-benar menjadi salah satu alasan.

3. Perubahan Kebijakan

Foto/AP

Namun, para pengunjuk rasa mahasiswa tidak terlibat dalam politik partisan AS. Mereka malah menekankan bahwa tuntutan mereka bertujuan untuk membantu melindungi hak asasi manusia warga Palestina.

Jadi, bisakah demonstrasi tersebut membantu membawa perubahan pada kebijakan AS dan mencapai tuntutan divestasi mereka?

Johnston, sang sejarawan, mengatakan kecil kemungkinannya perguruan tinggi AS akan melakukan divestasi dari perusahaan-perusahaan besar dan industri pertahanan dalam jangka pendek, namun seruan untuk transparansi dalam investasi mereka masuk akal.

Ia menambahkan bahwa perubahan jangka panjang mungkin terjadi, namun hal itu tidak akan terjadi dalam semalam.

Kita telah berulang kali melihat bahwa pengorganisasian mahasiswa memang mengubah kebijakan, tidak selalu cepat, dan tidak selalu sesuai dengan harapan mahasiswa, kata Johnston.

Tetapi kami melihat bahwa ketika pengorganisasian siswa meningkat ke tingkat intensitas tertentu, hal ini dapat memberikan dampak yang signifikan.

Misalnya, ia mengatakan aktivisme perguruan tinggi melawan apartheid di Afrika Selatan dimulai pada tahun 1950an dan berkembang selama bertahun-tahun.

Saya pikir tidak diragukan lagi bahwa pengorganisasian kampus anti-apartheid pada tahun 1980an adalah bagian penting dari perubahan opini populer dan opini politik Amerika terhadap rezim Afrika Selatan, katanya.

Wasow, yang mempelajari protes hak-hak sipil pada tahun 1960an, juga mengatakan bahwa demonstrasi dapat mengubah opini publik, membantu menumbuhkan koalisi politik untuk suatu tujuan, dan membangun kapasitas masyarakat untuk memajukan suatu isu.

Jika apa yang terjadi saat ini tidak menghasilkan perubahan kebijakan apa pun, namun menghasilkan generasi muda yang mengembangkan kapasitas sipil dalam aktivisme seputar isu-isu ini, saya pikir hal ini akan terus berdampak dalam jangka panjang.

Topik Menarik