Beda Sikap dengan Erdogan, Wali Kota Istanbul Sebut Hamas Sebagai Kelompok Teroris

Beda Sikap dengan Erdogan, Wali Kota Istanbul Sebut Hamas Sebagai Kelompok Teroris

Global | sindonews | Senin, 29 April 2024 - 22:22
share

Wali Kota Istanbul Ekrem Imamoglu mengatakan Hamas harus dianggap sebagai “kelompok teroris” karena serangannya terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober. Pandangan itu sangat kontras dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

“Tentu saja Hamas melakukan serangan di Israel yang sangat kami sesalkan,” kata Imamoglu kepada CNN. “Di mata kami, organisasi mana pun yang melakukan aksi teroris dan membunuh orang secara massal adalah organisasi teroris.”

Sikap Erdogan baru-baru ini telah mengaitkan Hamas dengan kekuatan revolusioner Turki pada tahun 1920an. Erdogan juga menjamu pemimpin Hamas Ismail Haniyeh bulan ini dan menegaskan kembali dukungan Turki terhadap Palestina dan sanksi terhadap Israel.

“Sayangnya, hal yang sama terjadi pada warga Palestina yang tidak bersalah di Israel saat ini,” tambah Imamoglu. “Saya menuntut agar kedua masalah ini dievaluasi dalam konteks ini dan penindasan brutal terhadap warga Palestina segera dihentikan.”

“Kami menafsirkan serangan Hamas sebagai serangan yang buruk, dan situasi yang sangat buruk, sebagai serangan teroris. Namun kami juga mewakili pemahaman yang menentang penindasan terhadap warga Palestina dan pembunuhan terhadap perempuan dan anak-anak,” kata Imamoglu kepada CNN.

Dianggap sebagai calon presiden pada pemilu 2028, komentar wali kota Istanbul ini sangat kontras dengan kritik tajam Erdogan terhadap Israel saat negara itu melawan Hamas, yang secara terbuka didukung oleh presiden tersebut – yang juga merupakan mantan wali kota Istanbul. Pada bulan Desember, Erdogan mengatakan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu “lebih buruk dari Hitler” karena cara dia melakukan perang “negara teroris” Israel di Gaza.

Terpilihnya kembali Imamoglu pada pemilu bulan Maret menandai kekalahan terburuk bagi Erdogan dan Partai Keadilan dan Pembangunan yang berorientasi Islam (AKP) dalam lebih dari dua dekade kekuasaan mereka. Partai Rakyat Republik (CHP) yang dipimpin Imamoglu memenangkan 36 dari 81 provinsi di Turki – termasuk mempertahankan jabatan walikota di ibu kota, Ankara, dengan selisih 25 poin yang menakjubkan.

Meskipun ledakan tersebut seolah-olah menandakan perubahan dalam lanskap politik negara yang terpecah, para pakar sebagian besar sepakat bahwa kesengsaraan ekonomi Turki menyebabkan para pemilih menghukum AKP, bukan pendapat mereka terhadap Israel, meskipun Menteri Luar Negeri Israel Katz menyatakan sebaliknya.

Baca Juga: Takut Jadi Buronan ICJ, PM Netanyahu Berupaya Blokir Keluarnya Surat Perintah Penangkapan

Ozgur Ozel, pemimpin CHP di parlemen Turki, mengatakan menjelang pemilihan kota bahwa ia tidak akan ragu untuk mencalonkan Imamoglu sebagai calon presiden dari partai tersebut pada pemilihan umum berikutnya pada tahun 2028, di mana Erdogan mengatakan ia tidak akan mencalonkan diri.

Perang di Gaza meletus setelah pembantaian Hamas pada tanggal 7 Oktober, yang menyebabkan sekitar 3.000 pejuang menyerbu perbatasan ke Israel melalui darat, udara dan laut, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 253 orang.

Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas mengatakan lebih dari 34.000 orang di Jalur Gaza telah tewas dalam pertempuran sejauh ini, angka yang tidak dapat diverifikasi secara independen dan mencakup sekitar 13.000 anggota bersenjata Hamas yang menurut Israel telah tewas dalam pertempuran. Israel juga mengatakan pihaknya membunuh sekitar 1.000 teroris di Israel pada 7 Oktober.

Topik Menarik