Kisah Tragis Mantan Tentara Elite Afghanistan di India, dari Bekerja Tukang Cukur dari Hidup Menderita

Kisah Tragis Mantan Tentara Elite Afghanistan di India, dari Bekerja Tukang Cukur dari Hidup Menderita

Global | sindonews | Sabtu, 16 Maret 2024 - 17:17
share

Saat ini hampir pukul 5:40 malam. Sebuah salon rambut di kawasan New Friends Colony yang ramai di New Delhi semarak dengan suara dengungan gunting dan pelanggan yang berceloteh. Udara kental dengan aroma hair spray dan aftershave.

Zaki Marzai, 29, berdiri di belakang kursi tukang cukur berwarna coklat, tangannya bergerak dengan presisi saat memotong rambut pelanggan.

Rak kayu di dinding berisi botol sampo dan produk penataan rambut berwarna-warni. Cermin memantulkan Marzai, matanya terfokus pada rambut di hadapannya. Pelanggannya terlihat puas.

Namun Marzai lebih memilih berada di tempat lain dengan senapan di tangannya, bukan pisau cukur.

Tiga tahun lalu, Marzai adalah seorang prajurit di pasukan khusus elit tentara Afghanistan , melawan Taliban dalam perang yang dimulai dengan invasi pasukan Amerika Serikat dan NATO ke negara itu setelah serangan 9/11. Pemerintah Afghanistan yang didukung Barat memihak AS dalam perang yang berlangsung selama 20 tahun tersebut. Marzai bergabung dengan tentara pada tahun 2015 sebagai sersan dan berada di jalur yang tepat untuk menjadi perwira militer.

Semuanya berubah pada 20 Juni 2018.

Sebelum Marzai dan rekan-rekannya menyadari apa yang terjadi, 25 tentara tewas di tempat dan enam lainnya luka-luka. Peluru menembus dagu dan kaki kanan Marzai.

Serangannya sangat hebat sehingga kami tidak bisa berbuat apa-apa. Peluru datang dari keempat sisi. Kami sedang duduk bebek. Taliban memusnahkan seluruh kamp, kenangnya. Menurut Institut Perdamaian Amerika Serikat, diperkirakan 70.000 personel militer dan polisi Afghanistan kehilangan nyawa dalam dua dekade perang di Afghanistan.

Butuh waktu delapan jam sebelum bantuan tiba untuk menyelamatkan korban luka. Marzai yang kehilangan banyak darah pertama kali dibawa ke rumah sakit terdekat di Ghazni dan segera dipindahkan ke rumah sakit di Kabul untuk perawatan lebih lanjut pada rahangnya.

Setelah hampir setahun menjalani perawatan, rahangnya masih mengalami cacat, sehingga pemerintah Afghanistan mengirimnya ke India untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik. Dia meninggalkan orang tuanya, seorang saudara perempuan dan tujuh saudara laki-laki.

Pada tahun 2019, Marzai tiba di fasilitas medis di Gurgaon, sebuah kota yang berbatasan dengan New Delhi. Kemudian, dia juga dibawa ke dua rumah sakit umum lainnya di ibu kota India.

Pada Agustus 2021, Marzai berharap bisa kembali ke Afghanistan, wajahnya akhirnya membaik. Tapi Afghanistan yang dia tahu akan segera hancur.

Ketika Taliban menguasai provinsi demi provinsi di Afghanistan pada awal Agustus, Marzai mengikuti berita di ponselnya, menonton YouTube, melacak Twitter, dan menunggu pembaruan di Facebook.

Kemudian, pada tanggal 15 Agustus, Taliban menyerbu Kabul dan mengambil alih kekuasaan, memaksa pasukan AS dan NATO meninggalkan negara itu dengan jalan keluar yang kacau balau. Marzai mencoba menghubungi keluarga dan rekan tentaranya melalui telepon, namun tidak dapat tersambung karena jaringan seluler sedang tidak aktif.

Dia terkejut: Marzai mengharapkan adanya perlawanan, bukan penyerahan diri yang lemah lembut dari para politisi negara itu, yang dia tuduh menjarah Afghanistan dan kemudian melarikan diri.

Saya menangis sepanjang malam ketika Taliban mengambil alih negara ini, kata Marzai. Saya patah hati. Saya sangat menantikan untuk kembali ke keluarga saya dan bergabung kembali dengan tentara, tetapi sekarang saya terjebak di sini [di India].

Marzai berasal dari Ghazni, sebuah provinsi di Afghanistan yang didominasi oleh komunitas Syiah Hazara, yang telah lama dianiaya oleh Taliban yang mayoritas Sunni.

Dan dia adalah mantan prajurit pemerintahan yang dipandang Taliban sebagai musuh. Sejak Agustus 2021, meskipun ada amnesti umum yang diumumkan oleh Taliban setelah pengambilalihan kekuasaannya, Misi Bantuan PBB di Afghanistan (UNAMA) melaporkan bahwa setidaknya 200 mantan tentara Afghanistan dan pejabat pemerintah telah dibunuh secara di luar hukum oleh otoritas baru.

Marzai bukan satu-satunya tentara Afghanistan di India yang tidak bisa kembali ke rumah.

Khalil Shamas, mantan letnan berusia 27 tahun yang sekarang bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran di New Delhi, tiba di India pada tahun 2020 untuk mengikuti pelatihan di Akademi Militer India (IMA) yang elit di Dehradun, ibu kota perbukitan di negara bagian India utara, Uttarakhand. Pada saat dia dan rekan-rekannya menyelesaikan kursus tersebut, tentara Afghanistan sudah tidak ada lagi di lapangan.

Dia mengatakan ada sekitar 200 tentara Afghanistan yang berlatih di IMA. Beberapa kembali ke Afghanistan. Banyak pula yang bermigrasi ke Iran, Kanada, AS, dan Eropa.

Namun setidaknya 50 dari mereka tetap tinggal di India tidak bisa mendapatkan visa ke negara Barat, dan terlalu takut untuk kembali ke Afghanistan.

Kembali ke India, kesulitan bagi tentara Afghanistan yang terpaksa tinggal di pengasingan semakin parah setelah kedutaan Afghanistan di New Delhi, satu-satunya sumber kontak dan dukungan mereka, berhenti mendanai masa tinggal mereka setelah pergantian pemerintahan di Kabul. Para tentara tersebut enggan berbagi rincian tentang bagaimana kedutaan mendukung mereka secara finansial.

Sejak tahun 2021, kami belum menerima bantuan apa pun dari KBRI. Kami dibiarkan sendiri, harus berjuang sendiri, kata Marzai.

Setelah menghabiskan seluruh tabungannya dan tidak ada bantuan yang datang, Marzai berhasil mengikuti kursus potong rambut selama enam bulan dan mulai bekerja di salon.

Topik Menarik