Loading...
Loading…
Warga Rusia Kabur ke Finlandia Pecah Rekor Pasca Putin Perintahkan Wajib Militer

Warga Rusia Kabur ke Finlandia Pecah Rekor Pasca Putin Perintahkan Wajib Militer

Global | koran-jakarta.com | Selasa, 27 September 2022 - 11:45

Penjaga perbatasan Finlandia Mert Sasioglu mengungkapkan, jumlah orang Rusia yang memasuki kawasan Finlandia mengalami peningkatan. Menurutnya, Finlandia mencatatkan akhir pekan lalu menjadi yang tersibuk tahun ini dalam mendata warga Rusia yang memasuki negara itu usai Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi parsial wajib militer.

"Akhir pekan lalu adalah akhir pekan tersibuk tahun ini untuk lalu lintas di perbatasan timur," kata Sasioglu dari penjaga perbatasan Finlandia kepada AFP , dikutip dari Al Arabiya .

"Tingkat kedatangan sekitar dua kali lipat dari minggu lalu," tambahnya.

Penjaga perbatasan mengatakan, hampir 8.600 orang Rusia memasuki Finlandia melalui perbatasan darat dan hampir 4.200 menyeberang ke arah lain pada Sabtu (24/9). Sementara pada hari Minggu (25/9), lebih dari 8.300 orang Rusia tiba dan hampir 5.100 pergi.

"Alasan utamanya adalah mobilisasi tetapi juga sebagian dijelaskan oleh fakta bahwa Finlandia dan Rusia melonggarkan pembatasan Covid-19 selama musim panas," ucapnya.

Negara Nordik itu mengumumkan pada 23 September bahwa pihaknya berencana untuk "secara signifikan membatasi masuknya warga Rusia" dan akan menyelesaikan keputusan dalam beberapa hari mendatang. Sementara pembatasan belum berlaku, layanan penjaga perbatasan mengatakan siap untuk menerapkan aturan baru "dalam sehari."

"Kemungkinan ketika perjalanan dibatasi, upaya penyeberangan perbatasan ilegal akan meningkat," ujar Sasioglu.

Dilansir dari CNN International , Kepala Urusan Internasional Penjaga Perbatasan Matti Pitkaniitty mengatakan, jumlah orang Rusia yang memasuki Finlandia secara total mencapai 16.886 orang.

Menyusul pengumuman Kremlin tentang "mobilisasi parsial," Rusia dilanda aksi protes nasional dan eksodus warga yang melarikan diri dari negara itu.

Menteri Pertahanan Finlandia Antti Kaikkonen mengatakan negara itu memantau situasi dengan cermat.

Finlandia dan Rusia berbagi perbatasan darat yang membentang sepanjang 1.340 kilometer (sekitar 830 mil), dan ada beberapa titik penyeberangan perbatasan yang tersedia.

Original Source

Topik Menarik