Kapal Perusak Angkatan Laut Kerajaan Inggris Tembak Jatuh Rudal yang Ditembakkan Houthi di Yaman

Kapal Perusak Angkatan Laut Kerajaan Inggris Tembak Jatuh Rudal yang Ditembakkan Houthi di Yaman

Global | okezone | Jum'at, 26 April 2024 - 17:02
share

LONDON – Sebuah kapal perusak Angkatan Laut Kerajaan Inggris telah menembak jatuh sebuah rudal yang ditembakkan oleh Houthi yang didukung Iran di Yaman.

Kementerian Pertahanan (MoD) mengatakan HMS Diamond sedang membela sebuah kapal dagang di Teluk Aden pada Rabu (24/4/2024) ketika sistem rudal Sea Viper miliknya digunakan untuk menghancurkan proyektil tersebut.

Kapal perang tersebut saat ini dikerahkan di wilayah tersebut untuk mencegah serangan Houthi.

Menteri Pertahanan Grant Shapps berterima kasih kepada para kru karena membantu menyelamatkan nyawa tak berdosa dan melindungi pelayaran.

“Inggris terus berada di garis depan dalam respons internasional terhadap serangan berbahaya Houthi yang didukung Iran terhadap kapal komersial, yang telah merenggut nyawa pelaut internasional,” terangnya, dikutip BBC.

Dia mengatakan kepada The Times bahwa ini adalah pertama kalinya kapal perang Angkatan Laut Kerajaan Inggris mencegat rudal dalam pertempuran sejak Perang Teluk pada tahun 1991.

Kelompok Houthi yang menguasai sebagian besar wilayah Yaman, termasuk ibu kota Sanaa telah menargetkan kapal-kapal yang mereka katakan terkait dengan Israel dan Barat sebagai tanggapan terhadap perang Israel-Gaza yang terus berlanjut.

Rantai pasokan global kini menghadapi gangguan parah dan kenaikan biaya akibat beberapa perusahaan pelayaran terbesar mengalihkan perjalanan dari Laut Merah, salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia.

Pada Rabu (24/4/2024), Houthi mengklaim telah menyerang kapal Amerika Serikat (AS) Maersk Yorktown dan sebuah kapal perusak Amerika di Teluk Aden.

Topik Menarik