Melirik Sumber Kekayaan Keluarga Kerajaan Inggris

Melirik Sumber Kekayaan Keluarga Kerajaan Inggris

Global | katadata.co.id | Jum'at, 9 September 2022 - 16:43
share

Kerajaan Inggris termasuk monarki tua yang masih aktif hingga sekarang. Pemimpin kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia di Istana Balmoral, Skotlandia pada Kamis (8/9) waktu setempat. Ratu Elizabeth II telah berkuasa selama 68 tahun sejak 1952.

Sebagai kerajaan, para anggota keluarga memiliki aset dan kekayaan yang berbeda. Kerajaan Inggris membutuhkan dana besar untuk operasionalisasi, perawatan aset, dan kehidupan keluarga kerajaan.

Sumber utama kekayaan Kerajaan Inggris yaitu Sovereign Grant, The Duchy of Lancaster dan investasi anggota kerajaan. Sovereign Grant adalah dana yang diberikan pemerintah Inggris untuk pengeluaran kerajaan.

Sumber Kekayaan Keluarga Kerajaan Inggris

1. Sovereign Grant

Sovereign Grant adalah dana yang dikucurkan pemerintah Inggris untuk kerajaan. Dana ini dipakai Ratu dan anggota keluarga kerajaan untuk membayar tugas kerajaan. Sovereign Grant ini dikelola oleh Treasury.

Sovereign Grant disebut juga pembayaran yang didanai pembayar pajak. Dana dibayarkan keluarga kerajaan tiap tahun. Mengutip dari idxchannel.com, pada 2019 jumlah Sovereign Grant mencapai mencapai 44,4 juta atau sekitar Rp 763,1 miliar.

2. Crown Estate

Pembayaran Sovereign Grant berdasarkan keuntungan Crown Estate, yaitu bisnis properti yang dimiliki raja sebelumnya. Crown Estate dijalankan secara independen.

Contoh bisnis properti yang dijalankan yaitu Regent Street di London dan arena pacuan kuda Ascot di Berkshire. Mengutip dari bbc.com, Ratu diberikan 15 hingga 25 persen keuntungan Crown Estate dan pemerintah menyimpan sisanya.

Berdasarkan sejarah, Crown Estate adalah tanah yang dimiliki raja dari masa penaklukan Norman. Raja George III di tahun 1760 mencapai kesepakatan dengan pemerintah untuk menyerahkan pendapatan dari Crown Estate.

Sebagai imbalan nya, Raja dan penerusnya menerima pembayaran tahunan tetap yang dikenal sebagai Daftar Sipil. Tahun 2020, Daftar Sipil ini digantikan oleh Sovereign Grant.

3. Aset Lain

Selain Sovereign Grant kerajaan mendapatkan pendanaan dari aset-aset kerajaan seperti Duchy of Lancaster, Duchy of Cornwall, dan lain sebagainya. Aset ini dipakai berbagai keperluan termasuk menutupi pengeluaran tambahan kerajaan.

Ratu Elizabeth II juga menerima uang dari tanah pribadi di Lancaster. Termasuk 18.000 hektar tanah di daerah Lancashire dan Yorkshire. Ada juga properti di pusat kota London yang menghasilkan sekitar 20 juta setahun.

Ratu juga memiliki pendapatan properti di Sandringham dan Balmoral. Selain itu beberapa anggota kerjaan punya koleksi seni, perhiasan, dan perangko pribadi.

Topik Menarik