Senator AS Kunjungi Taiwan, Tentara China Nyatakan Siap Perang

Senator AS Kunjungi Taiwan, Tentara China Nyatakan Siap Perang

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 9 Juli 2022 - 09:57
share

BEIJING Angkatan Bersenjata China menyatakan kesiapan mereka untuk memulai operasi militer kapan saja untuk mempertahankan kedaulatan negara. Kesiapan ini ditegaskan setelah kunjungan Senator Amerika Serikat (AS) Rick Scott dari Florida ke Taiwan .

"Tindakan Amerika Serikat ini secara serius melanggar prinsip Satu China," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan China Wu Qian, seperti dikutip dari TASS, Jumat (8/7/2022).

Baca: Diusik 29 Pesawat China Termasuk Bomber Nuklir, Taiwan Kerahkan Jet Tempur dan Sistem Rudal

"Republik Rakyat China menyatakan protes tegas dalam hal ini. Tentara Pembebasan Rakyat China selalu siap berperang dan kami dapat memulai operasi militer kapan saja dan akan dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial negara kami," lanjut Qian.

Menurutnya, Tentara Pembebasan Rakyat China akan dengan tegas mengakhiri campur tangan eksternal dan segala upaya separatis Taiwan untuk mencapai apa yang disebut kemerdekaan Taiwan. "Hal ini diperlukan dengan segala cara untuk memastikan persatuan Tanah Air," juru bicara itu menekankan.

Sementara itu, setidaknya 9 pesawat Tentara Pembebasan Rakyat China memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, Kementerian Pertahanan pulau itu melaporkan pada hari Jumat.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, pesawat tempur China terbang di sekitar perairan barat daya pulau itu. Manuver tersebut melibatkan dua pesawat pengintai elektronik Y-8, empat jet J-16, dua pesawat tempur J-10 dan satu pesawat J-11. Sebagai tanggapan, militer Taiwan mengeluarkan peringatan radio dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara.

Baca: Taiwan Tolak Keluhan Filipina Soal Latihan Menembak di Laut China Selatan

Pesawat tempur China telah secara teratur memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan akhir-akhir ini, mengadakan latihan di wilayah tersebut. Manuver China saat ini terkait dengan kunjungan Scott ke Taiwan.

Konsep zona pertahanan udara untuk mengidentifikasi pesawat tidak didefinisikan di bawah hukum internasional. Perpanjangan zona-zona ini dinyatakan oleh negara atau wilayah tertentu dan tidak harus dibatasi oleh batas-batasnya.

Taiwan mendeklarasikan zona identifikasi pertahanan udaranya secara sepihak: wilayahnya mencakup 492 kilometer persegi dan jauh melebihi wilayah udara pulau itu. Ini juga mencakup perairan di sekitarnya, Selat Taiwan dan juga bagian dari wilayah udara di atas provinsi Fujian, Jiangxi dan Zhejiang di daratan China.

(esn)

Topik Menarik