Harus Tetap Tenang Biar Gak Berantakan, Inilah Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Acara Pernikahan!

Harus Tetap Tenang Biar Gak Berantakan, Inilah Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Acara Pernikahan!

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Selasa, 24 Mei 2022 - 19:20
share

Merayakan momen pernikahan bisa dilakukan dengan beragam cara. Ada yang melakukannya dengan cara sederhana. Namun banyak juga yang melakukan acara pernikahan, dengan mengundang keluarga, kerabat dan teman-teman.

Untuk melaksanakan acara pernikahan, penting untuk melakukan persiapan dengan matang. Agar acara tersebut berkesan dan tidak berantakan. Baik dari segi acara maupun biaya yang akan dikeluarkan.

Berikut ini Koran Jakarta akan mengulas, beberapa persiapan yang bisa dilakukan untuk melaksanakan acara pernikahan. Simak ulasannya berikut ini.

Sesuaikan Dengan Tabungan Yang Dimiliki

Melaksanakan acara pernikahan, tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit. Sebelum menentukan lokasi acara pernikahan. Penting untuk mengetahui jumlah tabungan yang dimiliki.

Jangan sampai ingin melaksanakan acara yang mewah, tapi uang yang dimiliki tidak sesuai. Tidak sedikit pasangan yang rela berhutang, demi melaksanakan acara pernikahan yang mewah.

Tentukan Waktu Pelaksanaan

Melaksanakan acara pernikahan memerlukan persiapan yang sangat banyak dan diperlukan persiapan yang matang. Maka penting untuk menentukan hari pernikahan sejak jauh hari atau minimal 4 bulan sebelum acara.

Jika acara pernikahan disiapkan dalam waktu yang singkat. Dikhawatirkan persiapan menjadi tidak matang dan acara menjadi berantakan.

Tentukan Lokasi Acara

Tentukanlah dimana lokasi acara yang akan digunakan. Jika rumah kamu dan pasangan tidak memiliki tempat yang cukup luas, kamu bisa melakukan acara pernikahan di gedung atau di hotel.

Booking gedung yang akan digunakan sejak jauh hari. Sesuaikan jumlah tamu undangan, dengan kapasitas gedung atau hotel yang akan di sewa. Jika tamu undangan sedikit, bisa gunakan gedung yang tidak terlalu besar. Untuk menghemat biaya yang dikeluarkan.

Siapkan Dokumen-dokumen Syarat Nikah

Di Indonesia, setiap pasangan yang akan melangsungkan pernikahan wajib untuk mendaftarkan dirinya. Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan dan diserahkan kepada kantor yang mengurus pernikahan.

Untuk mengurus administrasi pernikahan, bisa dilakukan minimal 2 bulan dan maksimal 14 hari sebelum hari pelaksanaan.

Mencetak Undangan

Jika mempelai akan mengundang sanak saudara dan kerabat untuk hadir di acara pernikahannya. Biasanya menggunakan undangan cetak sebagai cara untuk mengundang.

Diperlukan waktu sekitar 10 hari untuk mencetak undangan. Maka agar tidak tergesa-gesa, cetaklah undagan 2 bulan sebelum acara. Setelah dicetak, undangan perlu ditulis dengan nama-nama orang yang akan diundang. Biasanya undangan sudah diberikan 14 hari hingga 10 hari sebelum acara dilaksanakan.

Topik Menarik