Hikmah Zakat bagi Muzakki, Umat Muslim Patut Paham!

Hikmah Zakat bagi Muzakki, Umat Muslim Patut Paham!

Gaya Hidup | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 15:31
share

JAKARTA, iNews.id - Hikmah zakat bagi muzakki jadi hal yang menarik untuk dibahas kali ini. Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat Muslim.

Mengutip buku Fiqih Ibadah karya Sulaikho, dkk (2021), menurut bahasa zakat adalah tumbuh, suci, baik, berkah, berkembang, maupun subuh atau bertambah. Adapun, zakat berasal dari bahasa Arab, zaka, dimana didalamnya terkandung banyak harapan.

Perintah untuk mengeluarkan zakat bagi umat Muslim telah Allah Subhanahu Wa Ta'ala perintahkan dalam Al-Qur'an surat At-Taubah ayat 103 yang bunyinya,

Artinya: "Ambillah zakat dari harta mereka (guna) mensucikan dan membersihkan mereka, dan doakanlah mereka karena sesungguhnya doamu adalah ketenteraman bagi mereka. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Manfaat zakat dapat dirasakan oleh individu dan masyarakat secara luas. Tak hanya bermanfaat di dunia, melainkan juga di akhirat. Sebagai seorang Muslim, tentu kita perlu mengetahui manfaat zakat.

Hikmah Zakat bagi Muzakki

Menurut Fatoni (2023), Senin (25/3/2024), dalam bukunya yang berjudul Fikih Zakat Indonesia, muzakki merupakan individu yang menunaikan zakat. Setiap pemberi zakat haruslah memenuhi beberapa syarat, seperti Islam, berakal sehat, baligh, dan merdeka.

Masih dari sumber yang sama, beberapa persyaratan lainnya harus dipenuhi. Di antaranya, harta yang dimiliki merupakan harta yang halal, memiliki kepemilikan yang penuh atas harta tersebut, dan mencapai nisab sesuai jenis harta yang dimiliki.

Lalu, mencapai haul sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, tidak memiliki hutang, dan memiliki harta atau penghasilan yang bertambah.

Selain itu, zakat yang nantinya dikeluarkan akan memberikan efek kepada jiwa seorang Muslim. Allah Subhanahu Wata'ala berfirman dalam Al-Qur'an surat Asy-Syams ayat 9-10 yang bunyinya,

Artinya: "Beruntunglah orang-orang yang membersihkan jiwanya dan celakalah orang-orang yang mengotori jiwanya."

Manfaat selanjutnya adalah hidup seorang muzakki atau pemberi zakat tersebut akan menjadi lebih berkah. Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam mengatakan harta si pemberi zakat tidak akan berkurang, justru akan berlipat ganda.

Hal ini sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadits riwayat Muslim no, 2558, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda,

Artinya: Sedekah tidaklah mengurangi harta.

Demikianlah ulasan mengenai hikmah zakat bagi muzakki. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik