Sering Overthinking? Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasinya agar Pikiran Lebih Tenang

Sering Overthinking? Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasinya agar Pikiran Lebih Tenang

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Sabtu, 29 Januari 2022 - 10:30
share

Berbeda dengan pemikir, mereka yang suka overthinking cenderung memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Hasilnya, pikiran dan hati sering kali merasa tidak tenang hingga mengalami gangguan tidur. Tentunya hal ini bisa merugikan diri sendiri. Nah, jika kamu salah satu orang yang sering mengalami overthinking, coba simak beberapa cara berikut ini agar kamu bisa merasa tenang kembali.

Buat jurnal refleksi

5-cara-atasi-overthinking-berikut-agar-pikiran-lebih-tenang

Biasanya pikiran yang berlebihan muncul karena kamu tidak bisa mengungkapkan suatu hal, seperti masalah, hingga kekhawatiran. Jika kamu merasa sulit untuk berbicara dengan orang lain, maka kamu bisa mencoba membuat jurnal refleksi untuk mencurahkan isi hati dan pikiran.

Manfaat menulis jurnal refleksi bisa membuatmu merasa lebih tenang. Selain itu, kamu juga bisa belajar menganalisa apa yang menjadi penyebab overthinking . Jika sudah tahu penyebabnya, maka kamu pun bisa mencoba mencari solusi untuk mengatasinya segera.

Bercerita dengan orang terdekat

5-cara-atasi-overthinking-berikut-agar-pikiran-lebih-tenang

Selain lewat tulisan, cara atasi overthinking yang bisa kamu lakukan adalah dengan terbuka pada orang terdekat yang benar-benar bisa dipercaya. Bukan hanya menceritakan kekhawatiran atau masalah yang kamu hadapi, tapi kamu juga bisa mendengarkan pengalaman dan belajar bagaimana mereka mengatasi sebuah masalah.

Dengan begitu, pikiranmu pun bisa lebih terbuka dan memandang segala sesuatunya dengan cara yang lebih luas. Hal ini akan membantumu untuk melihat situasi yang mungkin menjadi penyebab pikiran dan rasa khawatir dengan perspektif yang berbeda. Jadi, tak menutup kemungkinan jika kamu pun bisa menjadi lebih tenang dalam menghadapi sebuah masalah.

Mulai rutin berolahraga

5-cara-atasi-overthinking-berikut-agar-pikiran-lebih-tenang

Biasanya, pikiran yang berlebihan datang ketika kamu sedang duduk santai atau tidak sedang melakukan aktivitas. Menyibukkan diri bisa menjadi salah satu cara atasi overthinking yang dapat kamu coba. Selain melakukan hal yang menyenangkan atau mengalihkan pikiran dengan bekerja, kamu juga bisa mencoba untuk mulai rutin berolahraga.

Olahraga ringan seperti lari santai di pagi hari bisa membantu mengatasi kebiasaan memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Pasalnya, udara pagi yang masih segar akan membuat tubuh lebih rileks dan meningkatkan mood. Saat pagi hari, otak melepas hormon endorfin atau yang juga dikenal dengan sebutan hormon bahagia. Bukan itu saja, dengan rutin berolahraga kamu juga bisa mengatasi gangguan tidur akibat terlalu banyak berpikir.

--------------------------------------- SPLIT PAGE ---------------------------------------

Latihan meditasi

5-cara-atasi-overthinking-berikut-agar-pikiran-lebih-tenang

Cara atasi overthinking lainnya yang dapat kamu coba adalah dengan melakukan meditasi. Kegiatan yang bertujuan untuk menenangkan tubuh dan pikiran ini menjadi salah satu cara yang sering direkomendasikan untuk mengatasi kebiasaan overthinking hingga gangguan kecemasan. Untuk latihan meditasi, kamu bisa mencoba teknik mindfulness .

Teknik meditasi tersebut mengharuskanmu untuk fokus pada apa yang dikerjakan. Misalnya, ketika sedang makan, maka seharusnya kamu hanya fokus dengan makanan yang di santap, bukan diselingi sembari bermain ponsel. Dengan melakukan meditasi, dipercaya bisa membantu seseorang untuk bisa lebih mengontrol pikiran dan membuat hati merasa lebih tenang.

Membahagiakan orang lain

5-cara-atasi-overthinking-berikut-agar-pikiran-lebih-tenang

Tidak sedikit orang yang berpikir jika ada orang yang peduli padamu, pasti dia akan merasa bahagia dan tenang. Namun, daripada mengharapkan orang lain membahagiakanmu, tidak ada salahnya jika kamu mulai membahagiakan orang lain terlebih dahulu. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan hal ini, misalnya memberi pertolongan pada orang yang butuh bantuan.

Sekecil apapun bantuan yang kamu beri pasti akan terasa berarti dan membuat mereka bahagia. Perasaan bahagia yang mereka rasakan juga secara otomatis akan membuatmu bahagia dan merasakan kedamaian di dalam hati. Dengan menolong orang lain yang membutuhkan, kamu pun bisa menjadi lebih bersyukur dengan apa yang kamu miliki. Hal ini pun bisa membantu untuk meredakan pikiran yang berlebihan akibat kekhawatiran.

Meski butuh proses, tapi jika terus mencoba melakukan berbagai cara atasi overthinking maka secara perlahan kamu pun bisa lepas dari masalah tersebut.

Topik Menarik