Kisah Artis Lawas Anak Nelayan, Cari Uang sejak SD Kini Punya Rumah Mewah di Kampung 

Kisah Artis Lawas Anak Nelayan, Cari Uang sejak SD Kini Punya Rumah Mewah di Kampung 

Gaya Hidup | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 16:25
share

JAKARTA, iNews.id Tak banyak yang tahu kisah hidup artis lawas Soimah Pancawati. Selama ini di dunia hiburan dia dikenal sebagai sosok periang dan selalu bergaya glamor.

Namun jauh sebelum terkenal ternyata Soimah pernah hidup sangat sederhana. Perjalanan Soimah mencapai puncak kariernya saat ini terbilang tak mudah. Dia memulai manggung sejak SD hingga seringkali keluar kota dengan bayaran seadanya.

Walaupun telah manggung, Soimah juga harus membantu kedua orangtuanya sebagai nelayan dan pengasap ikan.

"Saya sudah sering nyari uang lewat nari. Nyanyi sudah dari SD dan sudah keluar kota juga ke Sarang, Demak dan kota-kota nelayan dan itu bayaran Rp3.000 sampai Rp5.000," ungkap Soimah dalam podcast Wendy Cagur dikutip pada Selasa (26/3/2024).

Soimah bercerita pengalaman membantu orang tua mengelola ikan sangatlah berat. Dia malah sampai tak mempunyai waktu untuk bermain dengan teman-temannya, karena harus mengelola ikan bahkan sampai berganti hari.

Karena disuruh bekerja keras, Soimah sempat membenci ibunya. Pekerjaan mengelola ikan membuatnya sulit mengikuti ekstrakulikuler di sekolah seperti teman-temannya yang lain.

"Kalau orangtuaku nggak usah diyakini, ibuku aneh segalak-galaknya di dunia ini sampai aku benci sama ibuku. Karena aku diperlakukan tidak seperti anak-anak seusiaku waktu itu," ujar Soimah.

"Dari SD aku sudah kerja keras, pulang sekolah sering aku nangis karena ikan tuh udah banyak terus ngolah ikan sampai jam 1 pagi jadi nggak ada waktu bermain. Buat ibuku sekolah nomor dua waktu itu ekstrakurikuler jarang berangkat," katanya bercerita.

Namu usai melalui itu semua, perempuan berusia 43 tahun ini bersyukur karena ibunya sangat memberikan support. Khususnya ketika dia memutuskan mengembangkan bakat seni.

"Kadang teman-teman berangkat saya natain ikan sambil nangis 'sana loh, kerja loh' tapi kalau nari, nyanyi ibuku support sampai kakakku suruh nemenin," kata Soimah.

Perjalanan berat itu berlangsung hingga Soimah SMP, dan akhirnya dia dibawa bibinya untuk disekolahkan di Yogjakarta. Dari sinilah, proses Soimah menjadi seorang penyanyi mulai terbentuk hingga dikenal di seluruh Tanah Air.

"Setelah sampai SMP aku diangkut ke Yogja sama budeku, karena bude ku setiap Lebaran pulang, lihat foto aku nyanyi 'oh kamu nyanyi' kamu suka seni di Yogja ada tuh sekolah seni jadi berangkatlah ke Yogja," pungkasnya.

Hingga kini, Soimah berhasil menjadi salah satu penyanyi sukses dan kerap wira-wiri di sejumlah acara TV. Selain menyanyi, Soimah juga menjadi juri di ajang pencaharian bakat serta menjadi pembawa acara. Pencapaian besar itu, kini membawa Soimah menjadi seorang pebisnis dan punya rumah megah di kampung. Dia juga memiliki bisnis transportasi umum, memiliki pabrik penggilingan padi dan juga travel berskala kecil.

Topik Menarik