Tim Gabungan Masih Lakukan Pencarian 3 Korban Tertimbun Tanah Longsor di Banjarwangi Garut

Tim Gabungan Masih Lakukan Pencarian 3 Korban Tertimbun Tanah Longsor di Banjarwangi Garut

Terkini | garut.inews.id | Jum'at, 26 April 2024 - 09:20
share

GARUT, iNewsGarut.id – Tiga orang warga Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Garut, yang tertimbun material tanah longsor hingga Jum'at pagi (26/4/2024) belum ditemukan. Petugas gabungan pun saat ini masih melakukan pencarian ketiga korban yakni Lilis (35), Jenis (8), dan Dini (3).

Hapidin Ketua RT setempat mengatakan, bahwa kejadian longsor ini akibat pergerakan tanah dari atas, yang mana diatasnya itu ada sawah dan longsor menimpa rumah Dudi sekeluarga.

Kata Hapidin, 3 orang tertimbun longsor yakni satu keluarga Dudu yakni anak dan istrinya yang saat ini pihaknya masih melakukan evakuasi dan mencari keberadaan ketiga korban.

"Diatas ini tuh ada sawah dan memang belum lama ini ada pergerakan tanah, kemarin hujan deras terjadilah longsor menimpa rumah Pak Dudi akibatnya istri dan dua anaknya tertimbun longsor. Saat ini Kami masih melakukan pencarian ketiga korban,"ungkap Hapidin saat ditemui iNewsGarut.id, Jum'at (26/4/2024).

Sementara Kepala Seksi Operasi Basarnas Bandung Supriono menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan pencarian ketiga korban sejak tadi pagi pukul 07.00 WIB.

"Kita melakukan pencarian korban dengan menggunakan alat berat dari dinas PUPR, dan menggunakan drone udara untuk menganalisa supaya potensi ancaman-ancaman bahaya bisa terdeteksi,"ujarnya.

 

Menurutnya, pencarian korban dibagi dua sektor pertama dengan mengunakan excavator, dan sektor kedua dengan alcone.

"Mudah-mudahan pencarian berjalan lancar, di prediksi posisi korban di tempat yang sama hasil dari analisa Kita,"jelasnya.

Supriono menyatakan proses pencarian korban sampai saat ini tidak ada kendala, namun, imbuhnya, pihaknya bersama tim gabungan lainnya akan terus berupaya agar korban secepatnya ditemukan.

"Mudah-mudahan pencarian korban bisa maksimal dan segera dapat diketemukan,"pungkasnya.

Diketahui peristiwa tanah longsor ini terjadi pada Kamis malam (25/4/2024), saat itu wilayah tersebut diguyur hujan deras yang cukup lama yang mengakibatkan terjadinya longsor menimpa rumah warga yang berada dibawahnya serta tiga orang tertimbun material tanah longsoran.

Topik Menarik