Loading...
Loading…
Kekayaan Tembus Rp1.741 Triliun, Orang Terkaya Asia Lebih Tajir dari Pendiri Google

Kekayaan Tembus Rp1.741 Triliun, Orang Terkaya Asia Lebih Tajir dari Pendiri Google

Ekonomi | inewsid | Selasa, 12 April 2022 - 21:08

NEW DELHI, iNews.id - Orang terkaya Asia Gautam Adani menyalip posisi pendiri Google dalam daftar real time billionaires versi Forbes . Kekayaan Ketua Adani Group saat ini mencapai 121,3 miliar dolar AS atau setara Rp1.741,3 triliun.

Dengan kekayaan yang meningkat pesat tersebut, Adani berada di posisi keenam orang terkaya dunia. Dia tepat berada di bawah investor legendaris Warren Buffett dengan kekayaan sebesar 127 miliar dolar AS dan di atas pendiri Oracle Larry Ellison di posisi ketujuh, dengan kekayaan 110 miliar dolar AS.

Peringkat Adani juga berada di atas dua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin yang masing-masing di posisi delapan dan sembilan dengan kekayaan 110 miliar dolar AS dan 105,7 miliar dolar AS. Sedangkan rekan senegar Adani, Mukesh Ambani berada di posisi 10, dengan kekayaan 97,6 miliar dolar AS.

Kekayaan bersih Adani meroket selama dua tahun terakhir dan menjadikan taipan infrastuktur ini sebagai centimiliarder terbaru dunia, bergabung dengan klub elit termasuk Elon Musk, Jeff Bezos dan Bill Gates, dengan kekayaan lebih dari 100 miliar dolar AS.

Selain sebagai Ketua Adani Group, miliarder 59 tahun itu juga konglomerat pelabuhan dan energi dengan enam perusahaan publik di India. Kekayaannya melesat setelah pada Jumat pekan lalu (8/4/2022) mengumumkan International Holding Co (IHC) di Abu Dhabi menginvestasikan dana sebesar 2 miliar dolar AS dalam tiga bisnisnya yang fokus pada energi hijau, yakni Adani Green Energy, Adani Transmission, dan Adani Enterprises.

Baca Juga :
Jeff Bezos Tak Terkalahkan, Berkat Saham Amazon Melejit, Harta Kekayaannya Tembus Rp2.890 T!

IHC diketuai oleh Sheikh Tahnoun bin Zayed Al Nahyan. Dia adalah penasihat keamanan nasional Uni Emirat Arab (UEA) dan saudara dari putra mahkota, Sheik Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

Adapun saham Adani Green Energy, perusahaan energi terbarukan yang dimiliki oleh Adani lebih dari 60 persen telah melonjak hampir 25 persen sejak pengumuman tersebut. Adani Transmission dan Adani Enterprises investasi paling berharga lainnya juga naik, masing-masing sebesar 11 persen dan 3 persen.

Kekayaan Adani bernilai sekitar 121,3 miliar dolar AS berdasarkan real time billionaires Forbes , menjadikannya orang terkaya di Asia dan orang terkaya ke-6 di dunia.

Adani yang kekayaannya naik pesat memulai perjalanan kewirausahaannya pada 1988, dengan sebuah perusahaan ekspor komoditas setelah putus kuliah dan menolak toko tekstil ayahnya.

Baca Juga :
Ini Daftar 10 Orang Terkaya Sejagat, Jack Ma Terdepak oleh Pengusaha India

Pemilik pelabuhan terbesar di India, yang terletak di negara bagian asalnya, Gujarat, pertama kali bergabung dengan jajaran miliarder pada 2008, dengan perkiraan kekayaan bersih 9,3 miliar dolar AS, tetapi baru mulai mendapatkan momentum pada awal pandemi Covid-19, setelah periode ekspansi agresif ke energi terbarukan, media, bandara, dan banyak lagi.

Adani mengatakan, dia ingin menjadi produsen energi hijau terbesar di dunia. Dia bahkan, menginvestasikan dana hingga 70 miliar dolar AS ke dalam proyek energi terbarukan.

Kekayaan Adani diperkirakan telah melonjak dari 8,9 miliar dolar AS menjadi 50,5 miliar dolar AS pada April 2021, ketika Forbes merilis daftar Miliarder Dunia tahunan pada tahun itu. Dia kemudian menyalip sesama miliarder India Mukesh Ambani, kepala Reliance Industries, sebagai orang terkaya di Asia pada Februari 2022 lalu setelah kekayaan bersihnya naik hampir dua kali lipat, menjadi lebih dari 90 miliar dolar AS.

Naiknya kekayaan Adani didorong saham Adani Green Energy yang telah meningkat hampir 80 persen dalam setahun. Pada saat Forbes merilis daftar miliarder 2022, Ambani telah mendapatkan posisi nomor satu di Asia, menggeser Adani hanya dengan selisih 700 juta dolar AS. Ambani sekarang adalah orang terkaya kedua di Asia.

Menurut perkiraan Forbes , Adani adalah salah satu dari sembilan miliarder yang saat ini memiliki kekayaan sebesar 100 miliar dolar AS. Miliarder supertajir lainnya dengan kekayaan lebih dari 100 miliar dolar AS, yakni pendiri SpaceX Elon Musk, yang merupakan orang terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan 262,6 miliar dolar AS; pendiri Amazon Jeff Bezos dengan kekayaan 176,9 miliar dolar AS; pendiri dan CEO LVMH Bernard Arnault dengan kekayaan 165,7 miliar dolar AS.

Selain itu, salah satu pendiri Microsoft Bill Gates dengan kekayaan 132,6 miliar dolar AS; pendiri dan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett dengan kekayaan 127 miliar dolar AS; pendiri Oracle Larry Ellison dengan kekayaan 111 miliar dolar AS; serta pendiri Google, Larry Page dengan kekayaan 110 miliar dan Sergey Brin dengan kekayaan 105,7 miliar dolar AS.

Original Source

Topik Menarik

{