Buka Penjaringan Kepala Daerah pada Pilkada 2024, PKB Kota Banjar Gunakan Tradisi Gus Dur

Buka Penjaringan Kepala Daerah pada Pilkada 2024, PKB Kota Banjar Gunakan Tradisi Gus Dur

Terkini | ciamisraya.inews.id | Kamis, 25 April 2024 - 18:10
share

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Banjar buka penjaringan atau pendaftaran calon kepala daerah 2024-2029.

Pendaftaran dibuka selama 15 hari kedepan atau 24 April sampai 8 Mei 2024 di kantor DPC PKB Banjar, Kelurahan Mekarsari, Kota Banjar.

Dalam penjaringan tersebut, PKB Kota Banjar gunakan tradisi tanpa mahar yang dipelihara oleh pendirinya Gus Dur hingga sekarang.

"Penjaringan calon kepala daerah di PKB tidak diminta mahar sesuai dengan tradisi lama PKB yang dipertahankan Gus Dur hingga sekarang," kata Ketua DPC PKB Kota Banjar Gun Gun Gunawan Abdul Jawad, Kamis (25/4/2024).

Adapun terkait syarat yang harus dipenuhi pendaftar, Gun Gun mengatakan Bacalon harus berintegritas dan memiliki komitmen dalam memajukan Banjar ke depan.

"Terpenting seorang pemimpin harus memiliki ketakwaan dan bisa menyayangi rakyatnya," ujar dia.

Selain itu, Gun Gun mengatakan perolehan suara PKB Kota Banjar pada Pileg 2024 kemarin hanya mendapatkan 3 kursi.

 

Artinya, dalam pencalonan kepala daerah di Kota Banjar PKB Kota Banjar harus berkoalisi dengan partai politik lain.

"Untuk arah koalisi kami masih menunggu arahan dari DPP PKB. Saat ini kami baru membuka penjaringan Bacawalkot," kata dia.

PKB saat ini terus menjalin komunikasi dengan partai politik lain dan kandidat yang digadang-gadang akan maju Pilkada.

"Sekarang belum ada yang mengambil atau mengembalikan formulir, tapi sudah ada 1 kandidat internal dan 3 kandidat dari pihak eksternal. Terkait kapan membawa formulir dan mendaftar mereka menunggu momen yang tepat," pungkasnya.

Topik Menarik