Mengenal Ragnar Oratmangoen Striker Baru Timnas Indonesia, Mengaku Bahagia Menjadi Mualaf dan WNI

Mengenal Ragnar Oratmangoen Striker Baru Timnas Indonesia, Mengaku Bahagia Menjadi Mualaf dan WNI

Berita Utama | pemalang.inews.id | Rabu, 27 Maret 2024 - 02:30
share

JAKARTA, iNewsPemalang.id - Ragnar Oratmangoen (26), penyerang naturalisasi Timnas Indonesia ini namanya menjadi buah bibir pecinta sepak bola Indonesia, terlebih setelah kemenangan Timnas Garuda atas Timnas Vietnam di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan skor 3-0.

Pria yang lahir dari keluarga non muslim dan dibesarkan dalam kepercayaan lain itu dalam sebuah wawancara di Jakarta pada Rabu, 20 Maret 2024, menceritakan transformasinya hingga perjalanan spiritualnya menuju Islam dan menjadi mualaf.

Pemain klub Fortuna Sittard di Eredivisie Belanda itu mengatakan, dirinya mengenal Islam melalui teman-temannya saat mengunjungi sebuah masjid. Dari saat itu dia mulai belajar tentang ajaran agama Islam.


Ragnar Oratmangoen. (Instagram/@0ratmangoen)

Selama masa menyelami agama Islam, dia mengaku merasakan perubahan yang signifikan dalam hidupnya. Dia merasa Islam memberikan arahan yang kuat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dia pun kemudian menyatakan dan mengumumkan dirinya menjadi seorang mualaf.

"Saya tidak lahir sebagai seorang muslim. Saya lahir dan dibesarkan sebagai orang kristen. Namun, setelah tumbuh dewasa, saya menemukan jalan menuju Islam," ungkap Ragnar.

"Bagi saya, yang paling penting adalah pemahaman tentang Tuhan. Teman-teman saya membawa saya ke masjid dan mengajari saya tentang konsep Tuhan dan ajaran Islam. Itu menyentuh hati saya dan mendorong saya untuk memeluk Islam," imbuhnya.

Ragnar mengatakan, dirinya resmi memeluk Islam pada usia 15 tahun. Sejak saat itu, dia pun telah menjalankan ibadah puasa Ramadhan, selama 10 hingga 11 tahun.

"Saya menjadi mualaf saat berusia sekitar 15 tahun. Sejak itu, saya telah menjalankan ibadah bulan Ramadhan. Jadi, sudah sekitar 10-11 tahun saya menjalankannya," ujarnya.

Ragnar Oratmangoen mengaku sangat bangga dan merasa istimewa menjadi warga negara Indonesia (WNI), terlebih dapat menjalankan ibadah bulan Ramadhan di tanah kelahirannya.

Selain itu, kebahagiaan dirinya juga dirasakan di lingkungan barunya, yakni Timnas Indonesia, yang mayoritas muslim dan menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

"Ini adalah pengalaman yang istimewa bagi saya, karena saya tahu banyak pemain di Timnas Indonesia yang menjalankan ibadah Ramadhan. Sekarang, mayoritas pemain di tim ini berpuasa. Itu membuat atmosfer menjadi lebih spesial," ungkapnya.

Sebagai informasi, Ragnar Oratmangoen resmi menjadi warga negara Indonesia bersama dengan Thom Haye pada Senin, 18 Maret 2024. Dia memiliki ikatan keluarga dengan Indonesia melalui kakek dan nenek dari pihak ayahnya yang lahir di Ambon.

Menjadi WNI, membuatnya semakin merasa dekat dengan tanah airnya. Terlebih di bulan Ramadhan ini, dia mengaku dapat merayakan momen-momen keagamaan dengan lebih berarti.

Topik Menarik