Tolak Pasien, UPT Puskesmas Ciomas Digrudug Ormas

Tolak Pasien, UPT Puskesmas Ciomas Digrudug Ormas

Terkini | banten.inews.id | Rabu, 17 April 2024 - 10:40
share

SERANG , iNewsBanten - Buntut dari penolakan pasien di UPT Puskesmas Ciomas yang menimpa keluarga Noh Nugraha yang hendak berobat anaknya namun ditolak dan disuruh dirujuk ke rumah sakit menuai kontoversi.

Pasalnya, UPT Puskesmas yang dianggap selain tidak mengedepankan senyum sapa yang humanis, juga puskesmas tersebut dianggap pelayanannya buruk, hal itu diungkapkan oleh masing-masing ketua ormas kepada media, Rabu (17/04/2024).

"Kita mendatangi UPT Puskesmas Ciomas untuk melakukan audensi dengan kepala puskesmas, agar kepala puskesmas tau kinerja anak buahnya yang buruk," kata Mistar paguyuban Putra Gunung karang domisili Ciomas.

Perlu diketahui, Ormas dan paguyuban yang mendatangi Puskesmas Ciomas untuk melakukan audensi yakni Ormas BPPKB Ciomas beserta anggota, Paguyuban Budak Banten beserta anggota, Paguyuban Balad Ciomas beserta anggota, Paguyuban Putra Gunung Karang Beserta Anggota.

Sihabudin ketua umum Paguyuban Budak Banten mengatakan agar kepercayaan masyarakat ke pelayanan puskesmas pulih kembali, tentu dilakukan dari internal Puskesmas dulu, bagaimana cara agar masyarakat kembali mempercayai pelayanan di puskesmas, sebab menurutnya, pelayanan di Puskesmas Ciomas ini Buruk.

"Selain pelayanannya yang kurang humanis, bidan dan perawatnya terbilang juga ketus dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat yang hendak berobat, setiap kali masyarakat yang setelah ke Puskesmas, selalu terdengar suara sumbang dari Puskesmas Ciomas, terutama dalam pelayanan," ujar Sihabudin.

Sementara, Kepala Puskesmas Ciomas Drg. C. Dewanto menjelaskan bahwa ia menjabat sebagai kepala UPT puskesmas Ciomas ini masih baru, namun ia berterimakasih dengan adanya masukan-masukan terkait pelayanan UPT Puskesmas akan segera menindak lanjuti, juga akan memberikan teguran keras jika ada lagi bersikap ketus ketika melayani pasien.

"Saya berterimakasih dengan adanya masukan-masukan tentang pelayanan UPT Puskesmas, pengaduan-pengaduan sudah dicatat dan akan segera kami tindak lanjut," jelasnya.

Diakhir audensi, kepala UPT Ciomas membuat video yang berisikan pemberitahuan kepada masyarakat Ciomas jika ada lagi pelayanan di UPT Puskesmas Ciomas yang baik, silahkan adukan langsung ke kepala UPT.

"Jika ada masyarakat yang berobat di UPT Puskesmas Ciomas namun pelayanan kurang memadai, silahkan hubungi saya langsung ke nomor telfon yang sudah tertera di UPT Puskesmas, secepatnya akan kami tindak." Tukasnya.

Topik Menarik