Jelang Idul Adha, Pemprov DKI Segera Periksa Kelayakan Tempat Jual Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Pemprov DKI Segera Periksa Kelayakan Tempat Jual Hewan Kurban

Terkini | inews | Selasa, 30 April 2024 - 12:54
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan segera rutin memeriksa kelayakan tempat penjualan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 2024. Pemeriksaan dimulai beberapa hari sebelum Idul Adha.

"Jadi awal bulan Juni. Nah kebetulan tanggal 3-4 Juni itu kita sudah mulai. Biasanya teman-teman wilayah sudah membuat rekomendasi kerja sama dengan PTSP kira-kira di mana yang akan mereka lakukan (pemeriksaan)," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati, Senin (29/4/2024).

Suharini mengungkapkan, pemeriksaan tempat penjualan hewan kurban meliputi kebersihan tempat. Kemudian tempat penjualan tidak boleh mengganggu fasilitas umum.

Pemeriksaan akan dilakukan oleh jajaran Suku Dinas KPKP di tingkat kota secara menyeluruh.

"Berjualan hewan kurban harus di lahan yang tidak mengganggu lalu lintas, yang dari segi kebersihannya juga mudah untuk kita awasi. Secara kesejahteraan hewan pun memadai. Ada tempat peneduhnya, ada sumber pakan dan air," kata Suharini.

Sebanyak lebih dari 63.000 ekor hewan kurban akan masuk ke Jakarta jelang Hari Raya Idul Adha 2024. Hewan kurban itu akan dipastikan dalam keadaan sehat.

Dinas KPKP DKI juga telah melakukan antisipasi terhadap pengendalian penyakit hewan strategis.

Topik Menarik