May Day, 50.000 Buruh Bakal Geruduk Istana Negara Besok

May Day, 50.000 Buruh Bakal Geruduk Istana Negara Besok

Terkini | inews | Selasa, 30 April 2024 - 12:22
share

JAKARTA, iNews.id - Sekitar 50.000 buruh akan menggeruduk Istana Negara, Jakarta, pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day, Rabu (1/5/2024). Aksi digelar pukul 09.30-12.30 WIB.

Usai aksi di Istana Negara, para buruh akan long march dengan rute Patung Kuda-Bundaran HI-Patung Kuda sebelum bergerak ke Stadion Madya Senayan untuk menghadiri May Day Fiesta.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal mengatakan peringatan Hari Buruh Internasional akan diselenggarakan serentak di ratusan kota di seluruh Indonesia.

"Sebanyak 200.000 orang lebih akan mengikuti May Day di seluruh Indonesia, antara lain di Jakarta, Bandung, Serang, Surabaya, Semarang, Batam, Makassar, Banjarmasin, Ternate, Mimika, dan lain sebagainya," ujar Said Iqbal, Selasa (30/4/2024).

Dia menekankan, aksi akan menitikberatkan pada besaran upah yang diterima buruh. Menurutnya, upah buruh selama ini tidak seimbang dengan kenaikan inflasi daerah dan pertumbuhan ekonomi.

Dia mencontohkan, kenaikan upah yang terjadi di Kabupaten Tangerang sebesar 1,64 persen, Kabupaten Bekasi 1,59 persen, dan Kabupaten Karawang 1,57 persen persen berada di bawah nilai inflasi 2024 sebesar 2,8 persen dan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen.

"Kebijakan upah murah ini mengakibatkan upah riil dan daya beli buruh turun sebesar 30-40 persen. Dengan kata lain, dalam 5 tahun terakhir, upah riil buruh turun dan tidak ada kenaikan upah. Padahal pertumbuhan ekonomi rata-rata naik 5 persen," kata Said Iqbal.

Dia mengungkapkan masyarakat dari ekonomi menengah ke bawah tidak dapat menikmati pertumbuhan ekonomi dengan baik karena harga-harga kebutuhan pokok melonjak tinggi.

"Berarti buruh tidak menikmati peningkatan daya beli dan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang hanya dinikmati orang kaya," ujar dia.

Topik Menarik