Sulitnya Pengungsi Mencari Perlindungan di Tengah Ancamaan Invasi Israel ke Gaza

Sulitnya Pengungsi Mencari Perlindungan di Tengah Ancamaan Invasi Israel ke Gaza

Berita Utama | ttu.inews.id | Jum'at, 26 April 2024 - 09:51
share


RAFAH, iNewsTTU.id--Meningkatnya peringatan Israel akan invasi Rafah, Gaza, yang merupakan tempat perlindungan terakhir bagi sekitar satu juta warga sipil yang melarikan diri dari pasukan Israel, beberapa keluarga telah berusaha mencari perlindungan di wilayah pesisir al-Mawasi atau bahkan bergerak menuju titik-titik yang lebih jauh ke utara.

Namun, bagi banyak orang, kebingungan memenuhi pikiran mereka karena mereka tidak tahu ke mana harus pergi. Mereka menyatakan bahwa pengalaman selama 200 hari perang telah mengajarkan bahwa tidak ada tempat yang benar-benar aman.

Mohammad Nasser, 34 tahun, seorang ayah dari tiga anak, mengungkapkan bahwa dia meninggalkan Rafah dua minggu yang lalu dan sekarang tinggal di tempat penampungan di Deir Al-Balah di Gaza tengah untuk menghindari serangan Israel, meskipun tetap merasa terjebak.

"Kami lolos dari satu jebakan ke jebakan lainnya, mencari tempat-tempat yang dianggap aman oleh Israel sebelum mereka mengebom kami di sana. Ini seperti permainan tikus dan jebakan," ungkapnya kepada Reuters melalui aplikasi obrolan.

 

"Kami mencoba beradaptasi dengan kenyataan baru, berharap keadaan akan menjadi lebih baik, tapi saya ragu hal itu akan terjadi," lanjutnya.

Shaina Low, juru bicara Dewan Pengungsi Norwegia, menyoroti bahwa tampaknya jumlah pengungsi di Rafah, yang berbatasan dengan Mesir, semakin berkurang.

Dia mengungkapkan bahwa tim di lapangan menyampaikan bahwa masyarakat memperkirakan akan terjadi invasi setelah hari raya Paskah Yahudi berakhir pada 30 April mendatang.

Seorang pejabat senior pertahanan Israel mengatakan pada hari Rabu bahwa Israel siap untuk mengevakuasi warga sipil sebelum serangannya terhadap Rafah dan telah membeli 40.000 tenda yang masing-masing dapat menampung 10 hingga 12 orang.

Citra satelit Mawasi antara Rafah, Khan Younis dan laut, sebuah area pantai berpasir dan ladang yang hanya membentang sekitar 5 kali 3 km (tiga kali dua mil), menunjukkan pemukiman kamp yang signifikan didirikan selama dua minggu terakhir.

 

Di utara, pasukan Israel terus menggempur Beit Lahiya, Beit Hanoun, Jabalia dan Zeitoun, dan beberapa warga mengatakan militan Hamas dan Jihad Islam memerangi pasukan darat Israel dengan roket anti-tank, bom mortir, dan tembakan penembak jitu.

Perusahaan Telekomunikasi Palestina mengatakan layanan internet kembali terputus di Gaza tengah dan selatan pada Kamis (25/4/2024), menyalahkan operasi militer Israel atas hal ini.

Pemadaman listrik seperti ini telah menambah hambatan dalam upaya memberikan bantuan darurat kepada warga sipil yang terkena dampak bencana.

 

Topik Menarik