Loading...
Loading…
Kemenparekraf Salurkan Pembiayaan Pengembangan Bisnis kepada Alumni FoodStartup Indonesia

Kemenparekraf Salurkan Pembiayaan Pengembangan Bisnis kepada Alumni FoodStartup Indonesia

Powered by BuddyKu
Travel | WartaEkonomi | Selasa, 23 Agustus 2022 - 11:20

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyalurkan modal pengembangan bisnis kepada para alumni FoodStartup Indonesia (FSI) yang telah berpartisipasi dalam program FSI di tahun 2020 hingga 2022, guna mengakselerasi pemulihan ekonomi.

Penyaluran modal sebesar Rp46.975.050.000 dilakukan secara simbolis oleh perwakilan Land X kepada Vilo by Gelato dan Angel Investors kepada Baranusa by Katuju yang disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Selain itu, hadir juga Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Manurung; serta Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf Hanifah Makarim.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder atas dukungannya pada pelaksanaan kegiatan FSI, khususnya PT ULTRA sebagai mitra konsultan, para mentor (investor, praktisi kuliner, business development , founder perusahaan terkemuka), dan seluruh alumni FSI.

"Ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menghubungkan pelaku usaha kuliner dengan para investor hingga mentor bisnis untuk mengembangkan dan memperluas akses pembiayaan usaha mereka," katanya.

Sejak tahun 2016 hingga saat ini, program FoodStartup Indonesia telah diminati hingga 25.000 pendaftar dan telah terkurasi sebanyak 550 usaha.

Menparekraf Sandiaga berpesan kepada pelaku usaha yang memperoleh pembiayaan agar senantiasa berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi dengan semangat 3G \'gercep\' gerak cepat, \'geber\' gerak bersama, dan \'gaspol\' garap semua potensi termasuk digitalisasi.

"Hal ini karena kita memasuki tatanan ekonomi baru untuk go digital , ada juga tantangan ancaman krisis di depan. Tapi jika kita bergandengan tangan, saya yakin target 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas tahun ini (2022) bisa kita ciptakan dan tahun 2024 4,4 juta lapangan kerja baru," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/8/2022).

Menparekraf Sandiaga pun memberikan tiga tips dalam menghadapi ancaman krisis, terutama inflasi, yaitu be a cost leader, be a networking leader, dan be a financial leader .

"Pertama, be a cost leader , kita harus control biaya kita, kita harus jaga betul betul. Kedua, be a networking leader , lebarkan jejaring kita untuk kita bisa mendapatkan pasokan dengan harga yang lebih terjangkau. Ketiga yang paling penting adalah be a financial leader , kuatkan keuangan, karena saat terbaik untuk fundrising adalah saat kita belum perlu uang," katanya.

"Saya harapkan para pelaku ekonomi kreatif juga bukan hanya berpikir out of the box , tapi kita berpikir without the box, forget about the box , kita enggak punya lagi box , kita harus betul-betul all out bukan hanya untuk survive tapi untuk revive , ciptakan ekosistem yang kondusif, inklusif, dan konstruktif," katanya.

Berikut nama-nama brand alumni FSI angkatan tahun 2020-2022 yang telah mendapatkan komitmen pembiayaan dengan total nilai investasi sebesar Rp46.975.050.000, di antaranya;

- Vilo Gelato
- Baranusa By Katuju
- Mookie
- Lean Lab
- Hungry Domory
- Meatless Kingdom
- Ganesha Sora
- Mellow
- Briellnest
- Bakmi Sundoro
- Hejo
- Hemoro
- Chipsy
- Dikwaa.

Original Source

Topik Menarik