5 Menu Takjil yang Hemat untuk Dibagikan saat Buka Puasa, Murah Meriah dan Enak

5 Menu Takjil yang Hemat untuk Dibagikan saat Buka Puasa, Murah Meriah dan Enak

Travel | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 14:52
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak menu takjil yang hemat untuk dibagikan kepada umat muslim yang sedang berpuasa. Tidak harus mahal, Anda bisa membuat takjil sederhana dan rasanya lezat.

Takjil merupakan makanan kecil yang biasanya disantap saat berbuka puasa. Menu takjil hemat yang bisa diberikan kali ini bisa berupa makanan sederhana atau minuman segar yang tidak memerlukan banyak bahan dan waktu untuk disiapkan. Misalnya, kolak singkong, es buah, atau kurma dengan segelas air putih.

Penasaran, apa saja ide menu takjil hemat untuk dibagikan selama Ramadhan? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (26/3/2024).

Menu Takjil yang Hemat untuk Dibagikan

1. Es Buah

Menu takjil yang hemat pertama bisa Anda berikan adalah es buah. Potongan buah-buahan segar seperti semangka, melon, anggur, dan jeruk dicampur dengan es batu dan disiram dengan sirup atau air kelapa. Takjil ini menyegarkan dan mengandung banyak air serta nutrisi dari buah-buahan.

2. Kolak Singkong

Makanan manis ini sangat populer saat Ramadhan. Sesuai dengan namanya, bahan utama yang digunakan terbuat dari singkong. Singkong direbus dengan santan, gula merah, daun pandan, dan sedikit garam. Kolak ini kaya akan serat dan energi, cocok untuk mengisi perut dan memberi energi selama berpuasa.

3. Bubur Kacang Hijau

Selanjutnya ada kacang hijau. Kacang hijau direbus hingga lunak dengan santan, gula merah, dan daun pandan. Bubur ini menyediakan protein nabati dan karbohidrat kompleks, serta memberikan rasa kenyang yang tahan lama.

4. Es Teler

Anda juga bisa memilih es teler untuk dijadikan takjil. Potongan buah seperti kelapa muda, alpukat, dan nangka dicampur dengan es batu dan disiram dengan susu kental manis. Takjil ini menyajikan kombinasi rasa manis dan segar dari buah-buahan tropis.

5. Kurma dan Susu

Makanan ini juga sangat baik untuk simakan ketika berpuka puasa. Kurma segar dipadukan dengan segelas susu dingin. Takjil ini cepat disiapkan dan menyediakan energi serta nutrisi penting seperti protein dan kalsium.

Itulah menu takjil yang hemat untuk dibagikan untuk buka puasa. Semua takjil ini relatif mudah dan hemat untuk dibagikan kepada keluarga atau tetangga saat bulan Ramadhan.

Topik Menarik