Dukung Produk Dalam Negeri, Sandiaga Uno Siap Fasilitasi Kekayaan Intelektual Lokal

Dukung Produk Dalam Negeri, Sandiaga Uno Siap Fasilitasi Kekayaan Intelektual Lokal

Travel | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 22:11
share

JAKARTA, iNews.id - Kekayaan intelektual lokal memang belum dikenal masyarakat luas. Padahal, untuk kualitas sudah bisa bersaing dengan internasional.

Maka itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan memfasilitasi kekayaan intelektual lokal agar bisa dimanfaatkan untuk mendukung produk-produk BUMN hingga BUMD.

Dalam mendukung hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka kegiatan Temu Bisnis Optimalisasi Kekayaan Intelektual (KI) Lokal. Acara tersebut berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Selasa (26/3/2024).

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno mengatakan, Kemenparekraf akan memfasilitasi pemasaran sejumlah produk yang dihasilkan oleh para kreator kekayaan intelektual dengan BUMN, BUMD, dan anak perusahaan lainnya.

Bersama BUMN kami mendorong kekayaan intelektual lokal ini dapat dimanfaatkan untuk produk-produk BUMN, BUMD dan anak perusahaan untuk branding, promosi pembuatan produk, membangkitkan semangat penggunaan produk buatan Indonesia, ujar Sandiaga dalam Temu Bisnis Optimalisasi Kekayaan Intelektual Lokal di Jakarta, Selasa (24/3/2024).

Sandiaga menambahkan, temu bisnis ini merupakan komitmen Kemenparekraf untuk mengembangkan komersialisasi kekayaan intelektual lokal sehingga bisa bersaing dengan kekayaan intelektual internasional.

"Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Produk-produk buatan anak bangsa ini harus terus didorong, kita support untuk fasilitasi kreator dan dunia usaha serta BUMN dan kementerian," ujar Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga Uno, adapun tujuannya adalah mendorong Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Dia ingin mendorong semangat penggunaan produk dalam negeri meningkatkan penjualan produk yang sudah eksis dan memunculkan brand lokal yang baru.

"Saya ingin Gernas BBI ini dilakukan secara masif," ujarnya

Sandiaga berharap bisnis ini dapat mendongkrak pemasaran produk kreator kekayaan intelektual, sebab selain dapat berkontribusi bagi peningkatan ekonomi, juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Topik Menarik