Pertama Kali Dalam Sejarah Upacara Kemerdekaan RI Di Istana Para Menteri Joget Depan Presiden

Pertama Kali Dalam Sejarah Upacara Kemerdekaan RI Di Istana Para Menteri Joget Depan Presiden

Travel | BuddyKu | Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:37
share

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT RI ke-77 yang digelar di Istana Merdeka kemarin, terasa begitu berbeda. Tak hanya khidmat dan meriah, tapi juga penuh keseruan. Menteri-menteri yang biasanya tampil kalem dan serius, kemarin terlihat begitu gembira, menggoyangkan badan di halaman Istana. Mungkin inilah pertama kali dalam sejarah Upacara Kemerdekaan di Istana, menteri-menteri berani joged di depan Presiden Jokowi. Hehehe...

Dua tahun kemarin, Istana memang menggelar Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi. Namun, karena pandemi, upacara digelar penuh dengan keterbatasan. Hanya tamu undangan tertentu saja yang bisa ikut upacara, sisanya secara daring. Bahkan, pasukan pengibar bendera (paskibra) yang bertugas, diterjunkan dalam jumlah terbatas.

Kini, setelah pandemi Covid-19 terkendali, upacara yang digelar begitu istimewa. Selain dihadiri tamu undangan dari kalangan pejabat, Upacara Kemerdekaan ke-77 ini, juga terbuka untuk umum. Ada sekitar 2 ribuan peserta upacara yang berasal dari kalangan biasa.

Semua yang hadir kompak mengenakan pakaian adat yang berbeda. Seluruh menteri dan kepala lembaga negara yang hadir, tampil kece dengan busana adat yang berbeda-beda. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga tak ketinggalan. Kemarin, Presiden dan Ibu negara mengenakan pakaian adat asal Buton, Sulawesi Tenggara.

Kemeriahan makin terasa, karena di upacara tahun ini, ada gelaran Kirab Budaya dari Monas menuju Istana Merdeka. Peserta Kirab Budaya ini berasal dari berbagai kalangan. Dari TNI-Polri, kalangan pelajar hingga organisasi profesi. Rombongan ini berjalan kaki menuju Istana Merdeka, mengiringi penyerahan Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi.

Selain Kirab Budaya, ada juga atraksi dari TNI Angkata Udara dengan 14 pesawat F-16 yang memamerkan formasi 77 saat melintasi langit di atas Istana Merdeka. Kemudian, ditutup dengan aksi helikopter gabungan dari TNI-Polri yang mengibarkan bendera merah putih seberat 1,3 ton.

Seluruh rangkaian upacara berjalan lancar. Para tamu undangan mengikuti upacara dengan khusyuk dan penuh decak kagum. Suasana sedikit mencair, saat paduan suara dari Gita Bahana Nusantara tampil membawakan sejumlah lagu. Mulai dari lagu kebangsaan hingga lagu daerah dari berbagai provinsi. Semua tamu undangan ikut menikmati lagu-lagu tersebut sambil ikut bernyanyi dari kursi duduknya masing-masing.

Suasana makin cair, saat pembawa acara memanggil Farel Prayoga, penyanyi cilik asal Banyuwangi untuk tampil. Bocah yang baru berusia 12 tahun dan masih duduk di bangku kelas VI SD itu, menempati semacam panggung kecil yang ada di halaman Istana, persis di hadapan Jokowi.

Penyanyi cilik yang sempat viral di Tiktok ini, tampil dalam pakaian adat Jawa Timur, lengkap dengan ikat kepala, dan sepatu kets. Meski masih cilik, Farel masuk ke lapangan dengan penuh percaya diri.Tak terlihat kaku, gugup atau gerogi. Ia mampu menguasai panggung, menghadapi peserta upacara yang sebagian besar adalah para pejabat.Melihat gaya Farel yang enerjik, penonton pun menyambutnya dengan tepuk tangan meriah. Sebagian lagi mengeluarkan handphone untuk memfoto atau merekam video.

Kemampuan Farel terlihat saat penyanyi berusia 12 tahun ini, naik ke atas panggung hiburan. Ia mengawali dengan membungkuk memberi hormat kepada Presiden Jokowi dan peserta. Kemudian iamendendangkan intro Ojo Dibandingke . Ojo Dibandingke dalam bahasa Indonesia artinya jangan dibandingkan.Namun, liriknya sudah diganti.Begini dia bernyanyi. Wong \'ko ngene kok dibanding-bandingke, saing-saingke, yo mesthi kalah. Tak oyak\'o, aku yo ora mampu, mung sak kuatku mencintaimu. Ku berharap engkau mengerti, di hati ini hanya ada Pak Jokowi.

Mendengar lirik yang sudah diganti itu, hadirin tertawa danbertepuk tangan. Presiden Jokowi ikutan tertawa. Air muka Ibu Iriana terlihat gembira dan bertepuk tangan. Wapres Ma\'ruf Amin dan Ketua MPR Bambang Soesatyo juga ikut tertawa.

Setelah itu, Farel lalu bernyanyi dengan suaranya yang tinggi dan khas.Alunan musik dangdut Jawadisertaigaya Farel yang luwes dan enerjik, mampu menggoyang Istana. Sampai-sampai, hadirin terhipnotis. Berjoget sendiri. Ibu Iriana pun berjoget-joget, kadang berdiri, kadang sambil duduk. Yang lain, rupanya tak tahan kalau duduk.

KSAD Jenderal Dudung Abdurrahman ikut bergoyang bersama istri. Tangannya luwes ke sana kemari. Di sebelahnya KSAL Laksamana Yudo Margono dan istri, serta KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo bersama istri, tak kalah heboh, berjoged menikmati lagu yang dinyanyikan Farel.

Keseruan makin memuncak, saat sejumlah tamu undangan dari kalangan artis seperi Reza Rahardian turun dari kursi undangan untuk bergabung dan berjoged bareng bersama Farel. Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto juga ikutan berjoged di samping Farel.

Sayangnya, lagu yang dibawakan Farel selesai. Sontak tamu undangan rame-rame teriak Lagi.. lagi... Farel pun dengan lugu meminta izin pada Jokowi. Izin Pak, sekali lagi nggih, kata Farel. Jokowi pun menganggukkan kepala dan memberi jempol, tanda mengabulkan permintaan Farel. Lagu berjudul Ojo Dibandingke kembali dibawakan Farel.

Di lagu yang kedua inilah, suasana tambah seru. Barisan menteri yang ikut berjoged bertambah. Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah ikut menyusul Prabowo dan joget bersama Farel.

Di kursi lain, para menteri yang tadinya juga hanya joged-joged dari kursinya, terpancing untuk turun ke halaman Istana. Di antaranya, ada Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menkumham Yasonna Laoly, hingga Mendikbud Ristek Nadiem Makarim.

Tak hanya mereka yang di halaman Istana Merdeka saja yang terlihat asyik berjoged. Kapolri Jenderal Listyo Sigit bersama istri juga tertangkap kamera ikut joged sambil berdiri dari tempat duduknya. Suasana upacara yang awalnya serius, tegang, dan kaku, langsung mencair. Sampai-sampai para menteri berani berjoget di depan Presiden.

Prabowo mengakui suasana di akhir upacara itu membuatnya ingin berjoget. Kata dia, ini pertama kali ia joget di Istana. Ditanya soal joget di depan Jokowi, eks Danjen Kopassus itu tertawa lebar. Beliau (sudah) izinkan, kata Prabowo, sambil terkekeh.

KSAD Jenderal Dudung mengaku ikut berjoget karena terbawa suasana. Setelah melihat Ibu Iriana ikut bergoyang. Presiden, Ibu Negara dan semua menteri berjoget, artinya kita menikmati bahwa kemerdekaan ini luar biasa, kata Dudung.

Usai acara, video para menteri yang berjoget di depan Jokowi ini, viral di dunia maya. Tak ketinggalan, kata kunci Farel Prayoga menjadi trending topik di Twitter. Semua memuji penampilan penyanyi cilik yang sanggup membuat Istana bergoyang. Akun @ariskradianti mengaku baru pertama kali melihat upacara seseru ini. Farel Prayoga kamu keren. Terlepas dari suasana politik, lihat pak buk menteri, Kapolri, KSAD joget bareng jadi senang. Adem, tulisnya.

Topik Menarik