Kasus DBD Tinggi, Konsumsi 5 Makanan Ini Bagus untuk Pasien Demam Berdarah

Kasus DBD Tinggi, Konsumsi 5 Makanan Ini Bagus untuk Pasien Demam Berdarah

Travel | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 22:24
share

JAKARTA, iNews.id - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) semakin marak. Di Indonesia, DBD mencapai 35.556 kasus sampai minggu ke-11 tahun 2024.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) belum lama ini mengungkap penyebab kasus DBD yang meningkat di Tanah Air. Salah satu penyebabnya ialah curah hujan dan bencana banjir yang menyebabkan nyamuk mudah berkembang biak.

Para pasien DBD perlu ditangani dengan tepat agar tidak mengalami komplikasi lainnya. Salah satu yang perlu diperhatikan ialah asupan dari makanan bergizi.

Melansir Tua Saude, Selasa (26/3/2024), pengobatan demam berdarah harus melibatkan konsumsi makanan seperti daging merah tanpa lemak, daging putih dan sayuran berdaun hijau.

Makanan ini cenderung memiliki kandungan protein dan zat besi yang tinggi sehingga membantu mencegah anemia dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang keduanya merupakan faktor percepatan pemulihan.

Untuk itu, ada beberapa jenis asupan yang patut dikonsumsi para pasien DBD untuk mempercepat pemulihan. Seperti apa saja jenisnya? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (26/3/2024).

1. Air Kelapa

Pertama ada air kelapa. Pasien DBD dianjurkan meminum air kelapa untuk mempercepat proses pemulihan. Air kelapa kaya akan garam dan mineral. Dengan mengonsumsi air kelapa, Anda tidak akan mengalami dehidrasi karena menjaga keseimbangan elektrolit tubuh tetap stabil. Ini juga mengurangi kelemahan dan membuat tubuh tetap terstimulasi.

2. Buah Delima

Pasien DBD dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan air dan vitamin. Salah satunya yang direkomendasikan ialah buah delima. Buah ini kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang membantu mengurangi kelelahan. Delima membantu penderita demam berdarah dalam menjaga jumlah trombosit darah yang diperlukan dan pulih dari demam berdarah lebih cepat.

3. Yoghurt

Kemudian yoghurt. Makanan satu ini merupakan sumber protein yang baik dan bisa merangsang sistem imunitas tubuh. Selain baik untuk pencernaan, yoghurt pun dianjurkan dikonsumsi oleh pasien DBD. Bakteri baik pada yoghurt membantu dalam memerangi penyakit bakteri jahat hingga virus.

4. Teh Herbal

Teh herbal juga dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Teh ini pun dapat dikonsumsi oleh para pasien DBD sebagai asupan pemulihan. Komponen penting dalam teh herbal seperti kapulaga, kayu manis, jahe dan papermint dapat membantu pasien demam berdarah dalam merilekskan tubuh dan pikiran. Minuman ini juga membuat tidur lebih nyenyak dan membantu pemulihan lebih cepat.

5. Jeruk

Satu lagi asupan yang baik untuk pasien DBD ialah jeruk. Buah yang kaya vitamin ini baik dikonsumsi oleh pasien DBD. Jeruk kaya antioksidan dan Vitamin C. Buah ini pun membantu dalam mengobati dan menghilangkan virus demam berdarah.

Topik Menarik