Singapura Jadi Negara Ketiga Terkaya Dunia, Siapa Urutan Pertama?

Singapura Jadi Negara Ketiga Terkaya Dunia, Siapa Urutan Pertama?

Travel | BuddyKu | Minggu, 31 Juli 2022 - 09:49
share

IDXChannel - Salah satu indikator negara yang penduduknya sejahtera adalah negara tersebut kaya.

Bahkan, penduduk negara tersebut juga mempunyai standar hidup tinggi dan merasa nyaman tinggal di negaranya. Berikut adalah 5 negara terkaya di dunia pada 2021 yang berhasil dirangkum tim Litbang MPI.

1. Luksemburg

Bukan Amerika Serikat (AS) atau Arab Saudi, negara terkaya justru disematkan kepada Luksemburg. Melansir laman Global Finance, PDB negara ini mencapai USD126.569. Jumlah kekayaan Luksemburg bahkan tidak berkurang meskipun diterjang pandemi Covid-19. Sementara itu, US News menyebutkan, negara di Eropa Barat ini juga masuk dalam jajaran negara terkecil di dunia dengan luas hanya sekitar 2.500 km persegi. Akan tetapi, warga Luksemburg sejahtera dan memiliki standar hidup yang tinggi. Luksemburg sendiri merupakan pusat perbankan swasta dengan sektor keuangan sebagai penyangga utama perekonomian negaranya. Negara-negara yang menjadi mitra Luksemburg adalah Belgia, Jerman, dan Prancis.

2. Irlandia

Irlandia bercokol di peringkat ke-2 sebagai negara terkaya di dunia. PDB negara tersebut adalah USD113.360 dan tingkat perekonomian masyarakatnya terus berkembang. Di tahun 2019, tingkat ekonomi sebagian besar negara-negara Eropa hanya tumbuh 1,5%. Namun, Irlandia mampu bertumbuh pesat hingga menyentuh angka lebih dari 4,9%. Alhasil, Irlandia menjadi yang pertumbuhan ekonominya paling baik di Eropa. Negara berpenduduk 4,9 juta jiwa ini pernah sangat terpukul lantaran adanya krisis keuangan di tahun 2008. Beruntung, jumlah PDB Irlandia mampu normal dan bahkan mengalami kenaikan signifikan dalam waktu singkat.

3. Singapura

Singapura, negara dengan ekonomi paling baik di Asia Tenggara, juga masuk dalam daftar negara terkaya di dunia. Global Finance mencatat, PDB negara ini adalah USD107.677 dan cukup baik. Singapura berhasil menjadi pusat manufaktur, perdagangan, dan keuangan yang sangat berkembang pesat. Pemerintah negara ini dikenal sangat ulet dalam memberantas buta huruf, menaikkan tingkat ekonomi masyarakat, dan meningkatkan pendidikan warganya sejak merdeka di tahun 1965. Buah kerja keras itu terlihat beberapa puluh tahun kemudian, ketika Singapura menjadi negara ke-3 terkaya di dunia.

Pada 2020, Singapura mengalami dampak signifikan akibat ledakan Covid-19. Ekonomi Singapura anjlok hingga 5,4% dan menempatkannya dalam resesi besar untuk bertama kalinya dalam 10 tahun terakhir.

4. Qatar

Negara terkaya selanjutnya adalah Qatar dengan jumlah PDB USD100.037. Qatar sendiri merupakan negara yang terletak di semenjanjung kecil Jazirah Arab. Melansir Sindonews, Qatar mengandalkan pasokan minyak untuk ekonominya. Minyak bumi di Qatar ditemukan pada 1939 dan mulai memproduksi minyak serta gas alam 10 tahun kemudian. Layaknya negara-negara lain di dunia, pandemi Covid-19 yang menerjang turut mempengaruhi perekonomian nasional. Akan tetapi, kondisi ekonomi Qatar kembali tumbuh di tahun 2021 sebesar 2% dan diproyeksikan terus meningkat.

5. Swiss

Di posisi ke-5, ada Swiss yang memiliki PDB sebanyak USD78.112. Menurut informasi di laman Global Finance, sebanyak 14,9% warga Swiss memiliki aset senilai lebih dari USD1 juta. Kondisi ekonomi Swiss juga ikut merosot sebesar 2,5% akibat pandemi di tahun 2020 dan cepat bangkit sehingga kondisi ekonominya kembali normal. Melansir laman OECD (Organization for Economic Co-operation and Development), PDB Swiss diproyeksikan tumbuh sebesar 2,5% di tahun 2022 dan sekitar 1,3% pada tahun 2023.

(SAN)

Topik Menarik