Dipulangkan ke Tanah Air, Ini Hak Pelaut RI yang Tenggelam di Jepang

Dipulangkan ke Tanah Air, Ini Hak Pelaut RI yang Tenggelam di Jepang

Terkini | okezone | Minggu, 7 April 2024 - 12:00
share

JAKARTA - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memfasilitasi pemulangan 6 jenazah kru ABK ( Anak Buah Kapal ) Keoyoung Sun yang tenggelam di perairan Shimoneski, Jepang. Hal ini sebagai bentuk perlindungan hak pelaut.

"Setelah melalui proses yang panjang, sampai saat ini empat jenazah telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, dan dua jenazah lainnya akan tiba 6 April 2024 pada pukul 17.35 WIB, ungkap Direktur Perkapalan dan Kepelautan Hartanto dalam keterangan resmi, Jakarta, Minggu (7/4/2024).

Pemulangan enam jenazah tersebut dilakukan secara bertahap, dengan dua jenazah ABK yaitu Suwatno dan Muhammad Munir Agung Suhartono tiba di Indonesia pada 4 April 2024, Riko Mayanto dan Ade Ageng Suparman pada 5 April 2024.

Sedangkan dua jenazah lainnya atas nama alm. Yudi Yudiana Abdullah dan Rosin akan diterbangkan dari Tokyo ke Jakarta pada 6 April 2024.

Sedangkan untuk 1 ABK WNI yang masih belum ditemukan, Japan Coast Guard sampai saat ini terus mengerahkan anggotanya dan masih dalam tahap pencarian.

Topik Menarik