Propam Polda Jatim Mendadak ke Polres Jombang, Semua Personel Dikumpulkan, Ini yang Dilakukan

Propam Polda Jatim Mendadak ke Polres Jombang, Semua Personel Dikumpulkan, Ini yang Dilakukan

Terkini | mojokerto.inews.id | Minggu, 19 Mei 2024 - 13:00
share

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Baru-baru ini bidang Propam (profesi dan pengamanan) Polda Jatim mendadak turun ke Polres Jombang di Jl Wahid Hasyim. Di sana, sejumlah personel dikumpulkan di salah satu ruangan yang ada di Mapolres setempat.

Informasi yang didapat iNews.id, tim propam Polda Jatim yang dipimpin Iptu Sipo Prasetijo ini turun ke Polres Jombang untuk memeriksa senjata api (Senpi) personel. Tidak hanya itu, para personel juga dites urine untuk memastikan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Ada sebanyak 88 personel polisi dan diperiksa senpi dan menjalani tes urine di Graha Bakti Bhayangkara Polres Jombang.

Kasipropam Polres Jombang Ipda Mochamad Teguh membenarkan adanya pemeriksaan personel yang dilakukan Propam Polda Jatim. Pemeriksaan dilakukan pada Rabu (15/5/2024).

Ia mengatakan, pemeriksaan senjata api itu untuk pencegahan terhadap pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh personel Polri. Pemerikaan senpi meliputi kelayakan senjata api surat-surat dan kebersihan senjata api tersebut.

"Ini diharapkan agar adanya tanggung jawab terhadap para pemegang senpi dinas dalam hal penggunaan, ketertiban surat, perawatan serta penyimpanan senpi dengan aman sehingga pelanggaran berupa penyalahgunaan senpi dapat dihindari," kata Teguh dalam keterangan tertulis, Minggu (19/5/2024).

Selain pemeriksaan senjata api, dikatakan Teguh, bidang propam Polda Jatim juga melakukan pemantauan terhadap pemeriksaan tes urine Anggota Polres Jombang dan Polsek jajaran. Tes urine dilakukan berkaitan dengan penyalahgunaan Narkoba dengan tujuan untuk memastikan seluruh personel Polres Jombang tidak ada yang terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba.

"Sebagai anggota Polri, kita harus menjadi contoh dan teladan serta bersih dari narkoba. Adapun untuk hasil pemeriksaan tes urine, semua anggota Polres Jombang serta Polsek Jajaran negatif menggunakan narkotika jenis apa pun

Teguh menambahkan bahwa Polri yang bertugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dituntut bertugas secara profesional dalam menjalankan tugas. Setiap anggota wajib menjaga penampilan, mengantongi identitas diri dan juga surat-surat kelengkapan kendaraan.

Topik Menarik