Radar Militer Iran di Bandara Isfahan Hancur Dibom Israel,  IDF: Ini Pesan Buat Iran

Radar Militer Iran di Bandara Isfahan Hancur Dibom Israel, IDF: Ini Pesan Buat Iran

Terkini | tangsel.inews.id | Sabtu, 20 April 2024 - 21:50
share

IRAN, iNewsTangsel.id - Laporan New York Times pada Jumat malam mengatakan bahwa pesawat-pesawat Israel telah menembakkan rudal-rudal jarak jauh.

Informasi baru tersebut menekankan bahwa serangan balik Israel ke Iran melibatkan persenjataan canggih daripada hanya quadcopter (drone).

Mengutip "sumber senior militer AS," Fox News melaporkan bahwa sasaran serangan balik Israel ke Iran adalah pangkalan militer di Isfahan.

Israel dilaporkan tidak mengincar fasilitas nuklir Iran yang dijaga ketat.

Fasilitas nuklir ini disebut terletak sekitar 100 kilometer (62 mil) di utara kota tersebut, di mana sebagian besar situsnya 'terkubur' di bawah gunung.

"Israel menyerang apa yang ingin mereka serang," kata salah satu sumber kepada Fox News, Sabtu (20/4/2024).

 

Sumber tersebut menambahkan bahwa ada satu target utama yang diserang berulang kali oleh Israel.

"Dan sistem pertahanan udara Iran buatan Rusia terbukti tidak efektif," kata narasumber tersebut.

Sasaran serangan tersebut termasuk sistem pertahanan udara di pangkalan militer, yang digunakan untuk melindungi fasilitas nuklir di dekatnya, menurut laporan Fox.

"Pesan Israel melalui serangan ini adalah untuk mengatakan kepada Iran bahwa 'kami dapat menjangkau dan menyentuh Anda'," kata sumber tersebut.

Citra satelit yang dilihat oleh The Times of Israel menunjukkan kerusakan pada sistem radar di dekat Bandara Isfahan. Gambar tersebut tidak segera diizinkan untuk dipublikasikan, sesuai dengan kebijakan agensi yang mengambil foto tersebut.

 

Citra satelit radar aperture sintetis tambahan yang diambil pada hari Jumat juga menunjukkan bukti bahwa lokasi radar menjadi sasaran.

Meskipun pihak berwenang Israel secara resmi bungkam atas serangan tersebut, sejumlah politisi dan mantan pejabat angkat bicara mengenai hal tersebut.

Menurut laporan Channel 12, pensiunan jenderal Israel Ziv, mantan kepala operasi IDF, menyatakan bahwa jika serangan tersebut dilakukan oleh Israel, itu tidak dimaksudkan untuk menyebabkan kehancuran besar.

Serangan Israel tersebut hanya untuk mengirimkan "pesan yang sangat jelas kepada Iran," yang menunjukkan "kesenjangan teknologi" antara Israel dan Iran serta menyoroti kemampuan IDF untuk menembus situs-situs paling sensitif di Iran.

Dalam panggilan telepon beberapa jam setelah serangan, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berbicara dengan Menteri Pertahanan Yoav Gallant, kata Pentagon.

Laporan menyebut bahwa mereka membahas "menjaga stabilitas di Timur Tengah," dan isu-isu lainnya.

 

Meskipun ada laporan bahwa situs radar telah dihancurkan, gambar satelit yang diterbitkan oleh CNN tampaknya tidak menunjukkan adanya kerusakan parah di pangkalan udara Isfahan Iran.

Citra satelit radar aperture sintetis (SAR) diambil sekitar pukul 10:18 waktu setempat — lima jam setelah serangan.

“Tampaknya tidak ada kawah besar di tanah dan tidak ada bangunan yang hancur,” kata CNN, seraya mencatat bahwa temuan tersebut perlu dikonfirmasi oleh gambar satelit biasa yang dapat mendeteksi hal-hal seperti bekas terbakar.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan drone tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa, dalam komentar yang disampaikan kepada utusan negara-negara Muslim di New York dan dikutip oleh media Iran.

“Media pendukung rezim Zionis, dalam upaya putus asa, mencoba meraih kemenangan dari kekalahan mereka, sementara mini-drone yang jatuh tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa,” katanya.

Topik Menarik