Kemenkumham Jateng Ambil Sumpah Setia Dua WNA Jadi WNI

Kemenkumham Jateng Ambil Sumpah Setia Dua WNA Jadi WNI

Terkini | soloraya.inews.id | Rabu, 1 Mei 2024 - 00:40
share

Semarang, iNewsSoloraya.id Kanwil Kemenkumham Jateng mengambil sumpah setia pewarganegaraan Warga Negara Indonesia (WNI). Pengambilan sumpah ini dilakukan kepada dua pemohon yakni yakni Fawaz El Kassaa asal Lebanon dan Odilia Wu dari Malaysia.

Pengambilan sumpah berlangsung di Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, Jl Dr Cipto Semarang. Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Jateng, Anggiat Ferdinan memimpin Pengambilan Sumpah.

Kegiatan ini merupakan bagian dari proses Pewarganegaraan atau sering disebut naturalisasi, yang merupakan proses hukum yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh atau memiliki kewarganegaraan Indonesia atau beralih status dariWarga Negara Asing (WNA) menjadi WNI.

Anggiat mengatakan, Warga Negara yang baik tidak hanya memahami dan mampu membela hak tetapi juga menunaikan segala kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Saudara saudari sebagai Warga Negara Indonesia yang baru diharapkan memegang teguh kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dn senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jadilah Warga Negara yang patuh hukum dan menjauhi perbuatan tercela," kata Anggiat, dalam keterangan tertulis, Selasa 30 April 2024.

Tak hanya itu, ia juga mengharapkan loyalitas dan totalitas sebagai seorang WNI.

"Sudah saatnya, harus memberikan perhatian, pikiran untuk menjadi WNI. Harus loyal, tidak hanya sekedar meraih kewarganegaraan untuk mempermudah usaha di Indonesia. Harus berkontribusi bagi Indonesia. Tinggalkan warga negara yang lama, fokuskan pikiran menjadi Warga Negara Indonesia dan patuhi segala peraturan yang ada," tambahnya.

Kegiatan disaksikan Pejabat Administrasi Kantor Wilayah, serta keluarga, kerabat dan rekan kerja dari mereka yang diambil sumpahnya.

Topik Menarik