Hari Pertama Libur Panjang, Penumpang Kereta di Stasiun Pasar Senen Membeludak

Hari Pertama Libur Panjang, Penumpang Kereta di Stasiun Pasar Senen Membeludak

Terkini | sindonews | Kamis, 9 Mei 2024 - 17:47
share

Penumpang kereta api jarak jauh membeludak di Stasiun Pasar Senen pada hari pertama long weekend atau libur panjang. Volume penumpang per hari ini melonjak naik dibandingkan hari biasanya.

Tampak ribuan penumpang kereta api jarak jauh sudah memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, sejak siang hingga sore hari. Mereka nantinya menggunakan kereta api untuk bepergian ke daerah tujuan.

Di lokasi yang sama, ada sejumlah penumpang yang baru membeli tiket melalui mesin penjual otomatis atau vending machine yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di stasiun.

Berdasarkan pantauan di lokasi, KAI memang mengoperasikan tujuh kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada long weekend Kenaikan Yesus Kristus. Libur keagamaan jatuh pada 9 Mei 2024, diikuti dengan cuti bersama di akhir pekan.

Tercatat, sekitar 115.000 tiket lebih telah dipesan untuk periode keberangkatan 8-12 Mei tahun ini. Dari data pemesanan tiket, jumlah volume pengguna jasa paling tinggi terjadi pada hari ini.

Di mana, terdapat sekitar 34.000 pengguna berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan beberapa stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta.

Dari jumlah tersebut 17.000 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 12.000 penumpang dari Stasiun Gambir dan sisanya 5.000 penumpang lainnya dari Stasiun Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang, Cikampek dan Jakarta Kota.

Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend pekan ini, ujar Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, Kamis (9/5/2024).

Ixfan mengatakan, jumlah penumpang pada libur panjang akhir pekan ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan rata-rata penumpang di hari biasa. Adapun, total tiket kereta api yang terjual pada Kamis-Minggu pekan ini mencapai 115.200 tiket. Rinciannya, Stasiun Pasar Senen 57.500 penumpang dengan pelayanan kereta api 31 perjalanan per hari.

Lalu, 37.100 penumpang naik dari Stasiun Gambir dengan 33 perjalanan kereta api per hari. Angka penjualan tiket masih akan terus bergerak seiring dengan masa long weekend.

Topik Menarik