Breaking News: Kecelakaan Heli, Presiden Iran Raisi dan Menlu Abdollahian Dipastikan Meninggal

Breaking News: Kecelakaan Heli, Presiden Iran Raisi dan Menlu Abdollahian Dipastikan Meninggal

Terkini | balikpapan.inews.id | Senin, 20 Mei 2024 - 12:20
share

DUBAI, iNewsBalikpapan.id - Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Hossein Amir Abdollahian dipastikan meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter, Minggu (19/5/2024).

Puing-puing helikopter Bell 212 yang dinaiki kedua pejabat itu ludes terbakar saat ditemukan pada Senin (20/5/2024).

Seorang pejabat Iran yang meminta identitasnya tak disebutkan mengatakan kepada Reuters, jenazah Raisi dan Abdollahian telah ditemukan.

Sebelumnya Kepala Bulan Sabit Merah Iran Pirhossein Kolivand mengatakan, kondisi helikopter yang membawa Raisi hancur berantakan dan terbakar di hutan pegunungan.

"Kami bisa melihat puing-puing dan kondisinya terlihat tidak bagus," kata Kolivand, kepada stasiun televisi pemerintah.

"Tidak ada tanda-tanda kehidupan yang terdeteksi di antara penumpang helikopter,” ujarnya, menegaskan.

Puing-puing helikopter pertama kali terdeteksi oleh drone Turki Akinci pada Senin dini hari waktu setempat berdasarkan pelacak panas. Otoritas Turki lalu melanjutkannya ke pihak berwenang Iran.

Raisi mengalami kecelakaan setelah menghadiri peresmian Bendungan Qiz Qalasi Damdi di Provinsi Azerbaijan Timur pada Minggu pagi. Bendungan tersebut merupakan proyek patungan bersama pemerintah Azerbaijan. 

Pada Minggu sore, Raisi meninggalkan lokasi bersama rombongan pejabat Iran yang menggunakan tiga helikopter. Dua helikopter mendarat dengan selamat di tujuan, sementara heli yang dinaiki Raisi, termasuk Menlu Abdollahian, tak kunjung tiba.

Topik Menarik