Deretan Kampus Amerika yang Demo Dukung Palestina, Banyak Universitas Ternama

Deretan Kampus Amerika yang Demo Dukung Palestina, Banyak Universitas Ternama

Global | sindonews | Sabtu, 27 April 2024 - 14:30
share

Terdapat sejumlah kampus Amerika yang demo dukungPalestina. Belakangan ini mulai banyak aksi yang dilakukan mahasiswa dari berbagai universitas di AS demi tunjukan kepedulian mereka terhadap Palestina.

Atas aksi ini lusinan mahasiswa telah ditangkap atau diskors. Bahkan, NYPD menangkap lebih dari 100 pengunjuk rasa di New York University (NYU) termasuk para dosen pada Senin malam (22/4/2024) kemarin menurut laporan dari Time.

Terdapat pula berbagai rekaman video dari berbagai mahasiswa yang viral di sosial media yang menunjukkan bentrok dengan pihak kepolisian serta Pasukan Garda Nasional dalam melakukan aksi protes anti israel dan mendukung Palestina.

Tuntutan utama para pengunjuk rasa adalah agar universitas-universitas mereka melakukan divestasi dari perusahaan-perusahaan yang mendapat keuntungan dari pendudukan Israel.

Berikut ini daftar kampus Amerika yang melakukan aksi demo dalam rangka menunjukkan kepedulian mereka terhadap Palestina.

Deretan Kampus Amerika yang Demo Dukung Palestina

1. Universitas New York

Mahasiswa Universitas New York mendirikan tenda perkemahan “Zona Pembebasan” di Gould Plaza di NYU Stern School of Business pada 22 April 2024. Pada tanggal yang sama, para mahasiswa juga mengadakan aksi berdoa bersama.

2. Universitas Yale

Mahasiswa dan pengunjuk rasa Yale memblokir persimpangan College Street dan Grove Street, di luar Woolsey Hall, di New Haven, Connecticut, pada 22 April 2024.

3. Universitas Michigan

Koalisi mahasiswa Universitas Michigan berkumpul di sebuah perkemahan untuk menekan pihak universitas tersebut agar melepaskan dana abadinya dari perusahaan-perusahaan yang mendukung Israel atau yang dapat mengambil keuntungan dari konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas, di kampus Universitas Michigan di Ann Arbor, Mich., pada 22 April 2024.

Baca Juga: Bisakah Palestina Menjadi Anggota Penuh PBB? Ini Fakta-faktanya

4. University of California, Berkeley

Pengunjuk rasa pro-Palestina berkumpul di depan Sproul Hall di kampus UC Berkeley pada 22 April 2024.

5. Universitas Columbia

Para pengunjuk rasa menempati perkemahan untuk mendukung Palestina di halaman Universitas Columbia pada 22 April 2024.

Selain kelima kampus besar tersebut terdapat pula beberapa universitas lain yang ikut serta dalam aksi pro-Palestina. Berikut ini diantaranya :

- Universitas Texas- Institut Teknologi Massachusetts- Universitas Minnesota- Universitas Kalifornia, Berkeley- Universitas Pittsburg- Universitas Rochester New York- Universitas Tufts- Universitas Maryland- Universitas California Selatan- Universitas Negeri Ohio- Perguruan Tinggi Emerson Massachusetts- Perguruan Tinggi Swarthmore Pennsylvania- Universitas Politeknik California, Humboldt.

Dalam rekaman yang viral sempat terlihat jika Pasukan Garda Nasional bersenjata lengkap memasuki universitas, membubarkan, memukul dan menangkap sejumlah mahasiswa.

Dalam rekaman lainnya juga terlihat Para Mahasiswa meneriakkan slogan kepada Pasukan Garda Khusus “Kalian jangan menakuti kami” dan “Keluar dari kampus kami”.

Banyaknya kampus Amerika dukung Palestina ini memperlihatkan kepedulian dan perlawanan mahasiswa yang ditunjukan meski berasal dari negara yang mendukung penuh Israel.

Topik Menarik