12 Manfaat Minum Air Rebusan Ketumbar dan Efek Sampingnya

12 Manfaat Minum Air Rebusan Ketumbar dan Efek Sampingnya

Gaya Hidup | sindonews | Sabtu, 27 April 2024 - 06:00
share

Manfaat minum air rebusan ketumbar untuk kesehatan sangat beragam. Ketumbar sendiri sudah sejak lama digunakan dalam dunia kuliner hingga dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional yang telah terbukti secara ilmiah.

Air rebusan ketumbar bekerja dengan cara merangsang usus dan meningkatkan produksi asam lambung. Sehingga hal ini bisa membantu orang dengan kondisi seperti gangguan pencernaan, sembelit, atau gas usus.

Ketumbar juga terbukti bisa mengurangi kejang otot di usus. Ini akan membantu mengobati kondisi perut seperti diare. Ketumbar juga dapat menurunkan gula darah dengan merangsang produksi insulin.

Manfaat Minum Air Rebusan Ketumbar

Ketumbar juga dapat menurunkan tekanan darah dengan menyebabkan pembuluh darah membesar dan bekerja seperti pil air atau diuretik. Berikut manfaat minum air rebusan ketumbar dan efek sampingnya dilansir dari Rx List, Sabtu (27/4/2024).

1. Sembelit2. Sindrom iritasi susu besar (IBS)3. Kecemasan4. Infeksi bakteri atau jamur5. Kejang6. Kencing manis7. Insomnia8. Perut kembung9. Nyeri sendi dan bengkak10. Mual dan diare11. Sakit perut12. Mual

Foto/Infografis SINDOnews

Efek Samping Minum Air Rebusan Ketumbar

Seperti pengobatan tradisional lainnya, minum rebusan air ketumbar juga bisa menyebabkan sejumlah efek samping. Pada dasarnya ketumbar aman dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai. Namun, jika terlalu berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Berikut efek samping air rebusan ketumbar dilansir dari Medicinenet.

1. Alergi2. Sakit perut3. Gejala mirip flu4. Pendarahan5. Rasa seperti sabun6. Iritasi pada kulit

Topik Menarik