KISAH SUKSES : Eko Patrio, Komedian yang Digadang-gadang jadi Menteri

KISAH SUKSES : Eko Patrio, Komedian yang Digadang-gadang jadi Menteri

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Rabu, 8 Mei 2024 - 21:30
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Nama komedian Eko Patrio belakangan ini menjadi perbincangan hangat masyarakat. Sebab, artis sekaligus politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini namanya gencar disebut-sebut akan menjadi menteri di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Politik memang bukan dunia yang baru bagi seorang Eko Hendro Purnomo. Bahkan di Pemilu 2024 ini, Eko terpilih lagi sebagai anggota DPR RI untuk periode 2024-2029 dari Partai Amanat Nasional (PAN). Saat pelantikan pada Oktober 2024, Eko tercatat berhasil menjadi anggota DPR untuk yang keempat kalinya.

Tak hanya punya kisah sukses di parlemen, Eko juga dipercaya untuk memimpin DPW PAN DKI Jakarta sebagai ketua. Terakhir, pada 12 Juli 2020, suami Viona Rosalina itu kembali terpilih menjadi Ketua DPW PAN DKI Jakarta.

Meski kariernya mentereng di dunia politik ternyata Eko tak memiliki riwayat pendidikan di bidang politik. Berdasarkan informasi dari situs resmi DPR, Eko menamatkan pendidikannya sejak SD hingga kuliah di Jakarta.

Dia tamat dari bangku sekolah dasar pada 1983 dari SD Negeri 03 Pagi. Kemudian melanjutkan ke SMP 21 Pagi dan lulus pada tahun 1986. Personel grup lawak Patrio itu bersekolah di SMA 18 Siang hingga tahun 1989. Di tahun yang sama, Eko langsung melanjutkan kuliah S1 Ilmu Jurnalistik di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta.

Dia baru lulus tujuh tahun kemudian pada 1996. Kuliahnya agak terhambat lantaran Eko kala itu sudah mulai terjun ke dunia hiburan sebagai pelawak dan penyiar radio sejak 1994. Dua tahun pasca lulus dari IISIP, Eko kembali kuliah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Latar belakang pendidikan Eko secara formal justru jurnalistik dan kesenian, bukan politik.

(*)

Topik Menarik