Turki Alalshikh Wajah Tinju Dunia, Teddy Atlas: Tinju Hidup Lagi

Turki Alalshikh Wajah Tinju Dunia, Teddy Atlas: Tinju Hidup Lagi

Olahraga | sindonews | Kamis, 18 April 2024 - 12:23
share

Turki Alalshikh wajah tinju dunia saat ini menurut pelatih legendaris Teddy Atlas karena membuat tinju hidup lagi. Teddy Atlas menyebut seperti itu karena kehadiran Turki Alalshikh dengan gebrakannya di Arab Saudi membuat olahraga tinju kembali bergairah.

Kehormatan mendapat sebutan wajah tinju ini biasanya diperuntukkan bagi petinju yang menguasai divisi mereka dengan kekuatan kasar, menawarkan kepribadian dan bakat yang lebih besar dari kehidupan dan tampaknya tak terbatas. Namun, tidak lagi, menurut Teddy Atlas.

Ya, wajah baru tinju saat ini adalah seorang pria berkacamata hitam yang tidak suka diwawancarai dan bahkan tidak pernah bertarung. Dialah Turki Alalshikh. Dengan menggelar kejuaraan kelas berat yang tak terbantahkan dan gelar kelas ringan-berat yang tak terbantahkan di Riyadh, Arab Saudi, dalam kurun waktu dua minggu sejak 18 Mei, Turki Alalshikh dari Arab Saudi telah meningkat menjadi pria paling penting dalam olahraga ini, Atlas mengklaim dalam episode "Deep Waters" di ProBox TV hari Selasa.

"Jika Anda ingin melihat kenyataan yang sebenarnya, apakah [juara kelas menengah super dan juara empat divisi yang tak terbantahkan] Canelo [Alvarez] adalah wajah tinju? Apakah [juara kelas berat Tyson] Fury adalah wajah tinju? Tidak," kata Atlas. "Turki Alalshikh adalah wajah tinju karena dia membuat semua pertarungan ini menjadi mungkin."

Bertugas menjadikan Riyadh sebagai destinasi global sebagai menteri dan ketua Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi, Alalshikh melimpahi dunia tinju dengan sejumlah besar dukungan finansial, yang secara ajaib meruntuhkan tembok-tembok yang sebelumnya membatasi kerja sama antara para promotor seperti Eddie Hearn dari Inggris dan Frank Warren untuk menciptakan aliran pertarungan besar dari negara kaya minyak ini.

Selain pemenang Tyson Fury vs Oleksandr Usyk pada 18 Mei yang menjadi juara kelas berat tak terbantahkan pertama di abad ini, pertandingan utama kelas berat ringan pada 1 Juni antara juara Rusia yang belum terkalahkan, Artur Beterbiev dan Dmitry Bivol, akan menjadi puncak dari daftar pertandingan yang berisi para petarung yang terkait dengan Hearn dan Warren.

"Turnamen 5 lawan 5" di bawah asuhan Beterbiev-Bivol ini menawarkan pertandingan yang menampilkan mantan juara kelas berat Deontay Wilder vs Zhilei Zhang dari Tiongkok, 10 besar kelas berat Filip Hrgovic vs Daniel Dubois, juara kelas bulu super WBA Raymond Ford vs Nick Ball, kelas menengah Hamzah Sheeraz vs Austin "Ammo" Williams, serta kelas ringan Inggris Craig Richards vs Willy Hutchinson.

Atlas berbicara tentang bagaimana ia menyaksikan Ball (19-0-1, 11 KO) bangkit untuk meraih hasil imbang melawan juara WBC Rey Vargas, enam hari setelah Ford (15-0-1, 8 KO) menghentikan perlawanan Otabek Kholmatov dengan tujuh detik tersisa di kartu penilaian. "Anda harus memiliki pertandingan yang akan membuat orang-orang puas dan meludahkan api... Ford-Ball... Saya hanya akan memilih salah satu," kata Atlas. "Rasanya seperti berada di toko permen di sini."

Sebelum hal itu terjadi, Atlas memuji Alalshikh yang merasakan bahwa apa yang dibutuhkan tinju untuk mendapatkan kembali popularitasnya dan keluar dari olahraga khusus adalah seorang juara kelas berat yang tak terbantahkan.

"Kapan terakhir kali kita memiliki seorang 'orang paling jahat di planet ini?" Atlas bertanya. "Sudah lama sekali, namun kita akan mendapatkannya bersama Fury-Usyk di Arab Saudi. Itu [ajang] adalah semua yang perlu anda ketahui bahwa ini bukanlah olahraga khusus.''

"Itu [acara] adalah semua yang perlu Anda ketahui bahwa ini bukan olahraga khusus. Itu berasal dari Arab Saudi dan [mengalir] ke mana-mana. Hal itu membawa olahraga ini ke seluruh dunia dan ketika para petinju kelas berat dikenal, semua orang di dunia sekali lagi terhubung dengan tinju."

Hasil pada tanggal 18 Mei nanti "akan menyebarkan kekayaannya. Nilai tak ternilai dari apa yang dilakukan di Arab Saudi - pundi-pundi emas yang menyertainya - akan menyebar ke seluruh industri. ''Olahraga ini kembali sehat. Olahraga ini kembali relevan. Itu adalah poin yang paling penting, karena ada satu titik yang belum lama ini di mana olahraga ini menjadi ceruk."

Topik Menarik