Ford Nucleon, Mobil Masa Depan Bertenaga Atom

Ford Nucleon, Mobil Masa Depan Bertenaga Atom

Otomotif | sindonews | Kamis, 18 April 2024 - 07:05
share

Mobil masa depan selalu menarik perhatian, baik dari sisi tampilan maupun pembaruan bahan bakarnya. Pabrikan mobil Ford ternyata juga punya konsep mobil masa depan bertenaga atom bernama Nucleon.

Nucleon awalnya hanya mobil konsep yang belum terealisasi rancangan tim Ford Motor Company pada 1957. Saat itu, The Atomic Age pada 1945 meramalkan bahwa bahan bakar fosil akan ditinggalkan dan tergantikan oleh tenaga atom .

Para ilmuwan juga sudah memperkirakan bahwa tenaga atom mempunyai penerapan yang akan merevolusi pengobatan modern, produksi pangan, transportasi, dan produk konsumen. Heritage Daily melansir, Kamis (18/4/2024), Glenn T. Seaborg, Ketua Komisi Energi Atom AS mengusulkan pemanfaatan energi nuklir untuk menggerakkan jantung buatan. Sementara itu, David Dietz, seorang jurnalis sains, membayangkan mobil menggunakan pelet energi atom yang tidak lebih besar dari pil vitamin.

Konsep masa depan atom semakin dibanggakan di Las Vegas, Nevada, yang mendapat julukan Kota Atom. Wisatawan berbondong-bondong ke Las Vegas untuk menghadiri Pesta Bom Fajar sepanjang tahun 1950-an selama 100 uji coba nuklir di atmosfer di Situs Uji Coba Nevada.

Pada 1957, Ford Motor Company berusaha memberikan gambaran sekilas tentang mobil masa depan bertenaga atom dan merilis model Ford Nucleon skala 3/8, sebuah konsep mobil bertenaga atom.

Nucleon dilengkapi kapsul tenaga yang digantung di antara boom kembar berisi inti radioaktif untuk tenaga penggerak. Reaktor tersebut akan menggunakan fisi uranium untuk mengubah air menjadi uap bertekanan tinggi, yang kemudian menggerakkan satu set turbin. Terdapat saluran masuk udara di atap dan penyangga yang kemungkinan besar menyediakan udara ke sistem pendingin reaktor.

Nucleon mampu menempuh jarak lebih dari 8.046 kilometer atau tergantung pada ukuran inti sebelum diisi ulang di stasiun khusus dengan memasang inti baru. Pemilik Nucleon akan memiliki banyak pilihan tipe inti, seperti model hemat bahan bakar atau model berperforma tinggi.

Pada kompartemen penumpang menampilkan kaca depan satu bagian yang ramping dan jendela belakang. Pada beberapa variasi model konsep juga terdapat sirip ekor ganda yang kemungkinan besar terinspirasi dari fiksi ilmiah 1950an.

Mobil seperti Nucleon menggambarkan sejauh mana penelitian masa depan dan menunjukkan keengganan perancang untuk mengakui bahwa sesuatu tidak dapat dilakukan hanya karena itu belum dilakukan, tulis Ford saat itu.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar

Topik Menarik