Perebutkan Pasar 1 Persen, Sokonindo Boyong Mobil Listrik Murah Seres E1 di PEVS 2024

Perebutkan Pasar 1 Persen, Sokonindo Boyong Mobil Listrik Murah Seres E1 di PEVS 2024

Otomotif | inews | Rabu, 1 Mei 2024 - 07:59
share

JAKARTA, iNews.id - PT Sokonindo Automobile meramaikan gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 30 April - 5 Mei. Dalam gelaran ini, mereka memboyong mobil listrik termurah Seres E1 seharga Rp189 juta.

CEO PT Sokonindo Automobile Alexander Barus mengatakan ini merupakan kali ketiga perusahaan mengikuti PEVS. Ini sebagai bentuk komitmen mengembangkan industri kendaraan listrik di Indonesia.

"Ini merupakan langkah strategis kami untuk fokus dalam menggarap pasar otomotif di Indonesia. Segme kendaraan niaga dan kendaraan penumpang berbasis baterai merupakan segmen yang akan berkembang pesat di masa mendatang," ujar Barus di Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).

Seres E1 merupakan mobil listrik kompak yang dapat menampung empat orang. Kendaraan ramah lingkungan ini memiliki dimensi yang ringkas dengan panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1.640 mm, dan wheelbase sepanjang 1.960 mm serta ground clearance setinggi 135 mm.

Seres E1 hadir dengan dua varian, yaitu E1 B Type yang dipasarkan dengan harga Rp189 juta dan E1 L-Type yang dianderol dengan harga Rp219 juta berstatus on the road (OTR) Jakarta.

Seres E1 dibekali baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh untuk B-Type yang mampu menempuh jarak maksimal sepanjang 180 km dalam satu pengisian penuh.

Daya baterai Seres E1 dapat diisi penuh dalam waktu 3,5 jam menggunakan instalasi listrik yang digunakan di rumah sehari-hari dan juga praktis ketika mengisi daya di SKPLU dengan tersedianya EV plug AC Type2 yang sesuai dengan standard yang digunakan di Indonesia.

Sementara Seres E1 L- Type memiliki kapasitas baterai 16,8 kWh dengan jarak tempuh maksimal 220 km. Baterai ini juga sudah lulus Sertifikat IP67, jadi penumpang tidak perlu khawatir tersengat atau rusak saat melewati genangan air.

"Penjualan EV karena marketshare di Indonesia cuma 1 persen dan kompetitor makin banyak, namun saya yakin dengan adanya kita di low end ini, kita bisa meng-grab marketshare di 0,3 persen lah untuk EV di Indonesia," ujar Barus

Barus mengungkapkan pemesanan Seres E1 terus mengalir sejak diluncurkan pada GIIAS 2023. Itu membuat pihaknya optimistis dapat menguasai pasar kendaraan listrik.

"Kalau Seres E1 sejauh ini sih sudah ratusan unit yang kita kirim ke dealer ya. Untuk retail, karena kita baru launching di GIIAS kemarin, untuk detailnya kita masih dalam tahap penghitungan. Tapi pesanan setiap bulan dari dealer kita dapet ratusan unit," katanya.

Topik Menarik