Cara Bersihkan Kaca Mobil yang Kusam, Bisa Pakai Air Soda dan Pasta Gigi

Cara Bersihkan Kaca Mobil yang Kusam, Bisa Pakai Air Soda dan Pasta Gigi

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 5 Maret 2022 - 19:40
share

JAKARTA, celebrities.id - Mobil yang kotor tentu akan mengurangi kenyamanan berkendara, apalagi jika yang kotor adalah bagian kaca. Dapat membatasi penglihatan pengemudinya sehingga bisa menimbulkan bahaya.

Kaca mobil buram adalah satu dari sekian banyak masalah yang sering terjadi. Seperti bagian mobil lainnya, kaca mobil juga harus diperhatikan dengan baik agar meminimalisir kemungkinan buram bisa terjadi.

Ada beberapa penyebab kaca mobil buram, bisa dari endapan air hujan, debu dan kotoran, serta jamur. Nah untuk mengatasinya, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Berikut langkah-langkahnya, seperti diolah dari laman resmi Suzuki, Sabtu (5/3/2022).

Sediakan lap kering untuk menggosok kotoran atau jamur yang menempel pada kaca mobil, gosokkan dengan hati-hati. Hindari menggunakan peralatan tajam berbahan tidak aman karena dapat mengakibatkan kaca mobil rusak.

Jika kaca masih buram, gunakan air soda sebagai solusinya. Siramkan air soda tersebut ke lap bersih, kemudian gosokkan lap bersih dengan air soda tersebut secara perlahan pada kaca mobil sampai bersih.

Selain air soda, pasta gigi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan buram membandel pada kaca mobil. Cukup oleskan pasta gigi ke bagian kaca mobil dan tunggu selama 1 menit.

Kemudian bersihkan dengan air bersih dan lap dengan kain basah, lalu selanjutnya lap menggunakan kain kering yang bersih.

Membersihkan jamur kaca mobil juga dapat memanfaatkan air tembakau. Pertama, rendam daun tembakau dengan air biasa selama 20 menit.

Setelah itu celupkan lap bersih ke dalam larutan tersebut dan gosokkan pada kaca mobil yang telah dibersihkan. Lalu, bilas dengan air bersih dan gosok dengan lap kering.

Seharusnya dengan menggunakan cara di atas sudah bisa mengatasi kaca mobil buram. Namun jika masih ada goresan atau kotoran yang sulit hilang, mungkin perawatannya tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan harus ke ahlinya.

Apabila tidak bisa ditangani juga karena masalahnya yang sudah parah, sebaiknya mengganti kaca mobil dengan yang baru. Makanya selalu bersihkan dan rawat kaca mobil agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Topik Menarik