Intip Gaji Sopir Bus di Arab Saudi, Kerja Lebih Keras Ternyata Segini yang Diterima

Intip Gaji Sopir Bus di Arab Saudi, Kerja Lebih Keras Ternyata Segini yang Diterima

Otomotif | inews | Rabu, 24 April 2024 - 12:30
share

JAKARTA, iNews.id - Banyak orang yang penasaran berapa gaji sopr bus di Arab Saudi. Apakah sama dengan gaji sopir bus di Indonesia?

Melalui kanal YouTubenya, Alman Mulyana mengajak, netizen mengetahui gaji sopir bus di sana. Dalam postingannya Alman mengunjungi bus travel yang biasa disewa jemaah haji Daleel Almaalem.

Terungkap, banyak sopir bus berasal dari Indonesia. Di perusahaan otobus tersebut ada sekitar 30 sopir bus asal Indonesia.

Alman pun bertanya kepada koordinator sopir bus Daleel Almaalem, Husna mengenai gaji sopir bus di sana? Husna mengungkapkan gaji pokok sopir bus di Arab Saudi rata-rata sekitar 1.500 real atau setara Rp6 jutaan.Hampir sama dengan kebanyakan gaji sopir bus di Indonesia.

"Kalau gaji kerja sebagai sopir bus di Arab Saudi sekitar 1.500 real," ujarnya.

Apa ada pendapatan lain? "Dari sisi yang riil yang kelihatan ya ada tips seat 100 real (Rp400 ribu) PP. Ada uang tips dari travel misal dari sini (Mekkah) ke Madinah 100 real terutama dari travel-travel yang baik," kata Husna.

Namun, lanjut dia, jika secara formal ada jatah kedatangan per pemberangkatan untuk jasa tips sopir bus sebesar 340 real atau sekitar Rp1,5 juta.

Husna mengingatkan bekerja di Arab Saudi tidak bisa santai seperti di Indonesia. "Kerja di Arab Saudi sangat berbeda dengan di Idonesia. Tidak ada santai. Sistemnya di sini keras. Jadi jangan cengeng," kata Husna.

Di sisi lain, Alman menilai, sopir bus di Daleel Almaalem mendapatkan pelakuan yang sangat baik dari perusahaan. Mereka mendapatkan tempat tinggal atau mess yang layak, lengkap dengan AC, kulkas dan freezer untuk menyimpan makanan.

"Saya lihat ini sangat baik. Satu kamar empat orang. Bagi yang ingin lihat kehidupan para sopir bus, pemberi devisa negara mereka berjuang untuk keluarganya seperti ini, mereka masak sendiri," ujar Husna.

Topik Menarik