Kaki-kaki Mobil Harus Diperiksa Supaya Mudik Lebaran Lancar di Jalan

Kaki-kaki Mobil Harus Diperiksa Supaya Mudik Lebaran Lancar di Jalan

Otomotif | serpong.inews.id | Senin, 25 Maret 2024 - 05:30
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mudik sebagai tradisi rutin Lebaran adalah momen paling dinanti-nantikan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hanya saja, perjalanan jauh selama mudik Lebaran menuntut kendaraan dalam kondisi prima.

Tidak hanya mesin, bagian kaki-kaki kendaraan yang menjadi penopang keamanan dan kenyamanan selama perjalanan juga patut diperhatikan. Mengapa kaki-kaki kendaraan begitu penting untuk diperiksa?

Rentan Alami Kerusakan

Kepala Mekanik Bengkel Jayanti cabang Antasari, Jakarta, Muhidin, menjelaskan bahwa kaki-kaki mobil merupakan bagian yang paling rentan mengalami kerusakan.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa setiap komponen di dalamnya terus bekerja untuk menjaga kestabilan mobil selama perjalanan.

"Apabila terdapat kerusakan pada salah satu komponen kaki-kaki, masalah serius seperti kehilangan kendali oleh pengemudi, terutama ketika melintasi jalanan yang tidak rata, berkelok, atau berliku dengan tanjakan tajam," ujarnya.

Muhidin juga menjelaskan beberapa komponen kaki-kaki yang perlu diperiksa kondisinya, antara lain: roda, bearing support (bantalan roda), shockbreaker (suspensi), racksteer, link stabilizer, ball joint, bushing, swing arm, tie rod, rack steer, disc brake, kaliper, engine mounting, kampas rem, dan minyak rem.

Karena itu, Muhidin menyarankan agar menjelang mudik Lebaran, kendaraan sebaiknya diperiksa untuk memastikan bahwa mobil berada dalam kondisi prima. (*)


Mudik Lebaran lancar jangan abaikan kaki-kaki mobil. (Foto: Bengkel Jayanti)



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Mudik Lebaran, Ini Bagian Kaki-Kaki Mobil yang Harus Diperiksa agar Tidak Bermasalah di Jalan ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/mudik-lebaran-ini-bagian-kaki-kaki-mobil-yang-harus-diperiksa-agar-tidak-bermasalah-di-jalan .

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Topik Menarik