Menjajal Chery Tiggo 5X, SUV Kompak Dipersenjatai Fitur Keamanan Lengkap

Menjajal Chery Tiggo 5X, SUV Kompak Dipersenjatai Fitur Keamanan Lengkap

Otomotif | inews | Minggu, 24 Maret 2024 - 18:30
share

JAKARTA, iNews.id Chery memboyong kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru di Indonesia, Tiggo 5X. Kehadiran mobil SUV kompak tersebut memberi warna baru di segmen kendaraan yang sedang berkembang di Indonesia.

Tampil perdana dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Chery Tiggo 5X dipersenjatai sejumlah fitur dan teknologi terbaru. Namun, yang mencuri perhatian terdapat tujuh fitur keamanan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS).

Ketujuh fitur tersebut adalah Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Blind Spot Detection (BSD), Intelligent Head-Light Control (IHC), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Biasanya fitur-fitur ini disematkan pada mobil premium.

Tiggo 5X juga dilengkapi sistem keamanan, mencakup penguncian pintu otomatis, alarm anti-maling, enam airbag, dan PEPS Remote Startup System.

Mobil ini mengaspal di Indonesia dalam dua varian, yaitu Tiggo 5X Champion dan Tiggo 5X Varian Classic. Varian Champion dijual dengan harga Rp299 juta dan Varian Classic Rp269 juta on the road (OTR) Jakarta.

"Kami terus melengkapi jajaran mobil di Indonesia. Tiggo 5X menyasar konsumen masyarakat urban usia antara 25-36 tahun, serta pembeli mobil pertama baik individu maupun keluarga," ujar Assistant Vice President PT Chery Sales Indonesia, Zeng Shuo dalam acara Test Drive Tiggo 5X di kawasan PIK, Tangerang, Jumat (22/3/2024).

Bagaimana sensasi mengendarai mobil ini? Jurnalis iNews.id berkesempatan menjajal secara singkat Tiggo 5X Champion. Dilihat dari tampilan, Tiggo 5X memiliki desain sporty dan stylish dengan Diamond Grille, serta LED Headlamp dan Crystal Diamond Lamp.

Masuk kabin, Tiggo 5X menyematkan head unit berukuran 10,25 inci yang dapat terkoneksi dengan berbagai sistem operasi, serta dilengkapi intelligent voice assistant. Duduk di kabin, mobil ini terasa mewah dengan kursi berbahan kulit, dasboard soft touch, terdapat pula sunroof dan lampu embient multi-colours.

Berada di balik kemudi, meskipun mobil kompak, Tiggo 5X terasa lega dengan setir dilapisi kulit. Kemudi multifungsi dengan empat pilihan cara mengemudi menjadikan pengendara memiliki banyak opsi.

Bagaimana performa mobil ini? Menggendong mesin berkapasitas 1.500 cc VVT, di atas kertas Tiggo 5X mampu menghemburkan tenaga maksimal 112 hp dan torsi 138 Nm.

Saat dipacu pada kecepatan di atas 100 km per jam mobil ini cukup stabil. Suspensi Tiggo 5X terasa dewasa ketika melintasi jalan tidak rata tetap empuk dan tidak limbung.

Sebenarnya yang membuat penasaran adalah konsumsi bahan bakar. Namun, karena waktu dan area test drive terbatas belum bisa diungkap.

Secara keseluruhan, mobil ini memiliki value for money yang baik dilihat dari fitur dan harga. Kehadiran Tiggo 5X diyakini bisa memanaskan pasar SUV kompak entry level di Indonesia yang saat ini diisi, antara lain Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Wuling Alvez, dan Honda WR-V.

Topik Menarik