Harus Diperhatikan, Cuci Mobil Pakai Air Panas Amankah?

Harus Diperhatikan, Cuci Mobil Pakai Air Panas Amankah?

Otomotif | serpong.inews.id | Senin, 6 Mei 2024 - 06:00
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Teknologi mesin pembersih kendaraan (cleaner) semakin canggih, di antaranya kini dilengkapi sistem pemanas air.

Kehadiran sistem pemanas ini membawa sejumlah manfaat yang signifikan, namun masih menjadi pertanyaan apakah aman bagi kendaraan.

Menurut Chief of Vision VICI, Nicko, kebutuhan akan air panas pada mesin pembersih adalah untuk membantu meluruhkan kotoran yang membandel pada bodi kendaraan.

Bantuan Air Panas

"Kotoran yang sudah berkerak akibat bahan-bahan lengket atau ada gemuk dan bekas aspal, ini memerlukan bantuan air panas untuk meluruhkannya," ujarnya kepada jurnalis di IIMS 2024.

Nicko menjelaskan bahwa perbedaan utama dengan alat cleaner konvensional yang tidak menggunakan air panas terletak pada efektivitasnya. Air panas membantu melelehkan kotoran secara lebih efisien.

"Maksimal dengan tekanan 150 bar sudah bisa membesihkan kotoran, namun tanpa air panas mungkin memerlukan tekanan 170 bar. Tekanan yang lebih tinggi dapat merusak cat dan coating pada kendaraan," tambahnya.

Namun, penting untuk memperhatikan batasan suhu mesin penyemprot air. Nicko menegaskan bahwa suhu mesin tidak boleh melebihi 90 derajat Celsius, karena dapat merusak cat dan seal pada bodi kendaraan.

Oleh karena itu, penggunaan steam tidak disarankan karena suhunya dapat melebihi 100 derajat Celsius, yang berpotensi merusak bodi dan seal kendaraan.

Berdasarkan pertimbangan ini, VICI telah mengembangkan produk-produk profesional seperti High Pressure Cleaner (HPC) dan Vacuum Cleaner yang dilengkapi dengan teknologi terkini. Salah satu produk unggulan adalah VICI HWM 300, High Pressure Cleaner yang mampu menghasilkan air panas bertekanan 150 Bar, cocok untuk membersihkan kotoran berat seperti minyak atau oli.

"VICI ditujukan kepada profesional dan industri seperti perkapalan, otomotif, percetakan, dan konstruksi. Line up produk di IIMS 2024 kami dirancang sebagai solusi Best Value untuk memenuhi kebutuhan para profesional," jelas Nicko.

Selain itu, VICI juga memperkenalkan teknologi lainnya seperti mesin las VICI WLD 3.2 dan VICI WLD 4.0, serta produk cleaning lainnya seperti VICI PWC 70N, VICI PWM 110, dan VICI PWG 5.5. Semua produk ini mengusung teknologi terkini untuk memberikan kinerja terbaik bagi para pengguna profesional. (*)

 

 
Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Cuci Mobil Pakai Air Panas Amankah? Ini Harus Diperhatikan ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/aksesoris/cuci-mobil-pakai-air-panas-amankah-ini-harus-diperhatikan.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Topik Menarik