Cara Mengendarai Motor Listrik yang Benar, Perhatikan Ini Jangan Sampai Kehabisan Baterai

Cara Mengendarai Motor Listrik yang Benar, Perhatikan Ini Jangan Sampai Kehabisan Baterai

Otomotif | inews | Rabu, 28 Februari 2024 - 17:55
share

JAKARTA, iNews.id - Tren mengendarai motor listrik di Indonesia berkembang. Namun, banyak yang belum tahu bagaimana cara mengendarai motor listrik yang benar.

Karakteristik motor listrik berbeda dengan motor konvensional sehingga penting untuk mengetahui tips berkendara yang aman.

Instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Hendrik Ferianto mengatakan, teknologi motor semakin canggih, pengendara juga harus lebih canggih. Saat memutuskan menggunakan sepeda motor listrik, cara berkendara juga harus diubah.

"Yang terpenting adalah kenali dan pelajari dulu motor yang digunakan. Teknologinya, top speed, dan jarak tempuh harus diketahui karena saat ini tempat pengisian baterai motor listrik belum banyak," ujar Erik dalam pelatihan safety riding bersama media di Jakarta, Rabu (28/2/2024).

"Seberapa jauh jarak tempuh motor yang digunakan perlu diketahui untuk memperkirakan apakah motor bisa sampai tujuan untuk menghindari kehabisan daya saat di jalan," katanya.

Selain mengenali teknologi dan spesifikasi yang diusung motor, Erik menyebutkan pengendara harus tahu motor listrik tidak memiliki suara dan getaran sehingga feelingnya harus diperkuat. Dia menekankan agar saat menarik gas, ada baiknya lebih dahulu menarik tuas rem.

Selain itu, pengendara motor listrik dianjurkan untuk menggunakan perlengkapan berkendara dengan warna cerah agar dapat meningkatkan visibilitas pengendara sekitar. Ini mengingat kebanyakan sepeda motor listrik berukuran mini dan tidak bersuara.

"Saat menyalakan motor, rem belakang jangan dilepas. Ketika gas dibuka, rem pelan-pelan dilepas supaya tarikan motor tidak menghentak. Pakai juga perlengkapan berkendara dan usahakan yang cerah agar terlihat pengendara lain karena kan motor listrik kebanyakan ukurannya kecil," ujar Erik.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengemukakan, edukasi cara mengendarai motor listrik penting untuk menciptakan budaya berkendara aman. "Sepeda motor listrik memiliki karakter berbeda, sehingga kami ingin memberikan solusi berkendara berkelanjutan melalui Safety Riding Center Honda yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia," katanya.

Dia menerangkan, saat ini AHM bersama jaringan main dealer Honda telah memiliki sembilan pusat pelatihan safety riding yang tersebar di daerah Serang, Jambi, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Pekanbaru, Medan, Bandung dan Cikarang.

"AHM memahami keselamatan berkendara bukan sekadar tentang teknologi, melainkan kesadaran berkendara aman dari pengendaranya," ujar Ahmad.

Topik Menarik