Rambah Otomotif, BTPN Akuisisi 2 Perusahaan Pembiayaan OTO Group

Rambah Otomotif, BTPN Akuisisi 2 Perusahaan Pembiayaan OTO Group

Otomotif | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 17:42
share

JAKARTA, iNews.id - Perluas layanan di sektor otomotif, PT Bank BTPN Tbk (BTPN) mengakuisisi dua perusahaan pembiayaan kendaraan OTO Group, yaitu PT Oto Multiartha (OTO) dan PT Summit Oto Finance (SOF) senilai Rp6,55 triliun. BTPN berharap akuisisi ini dapat memperkuat sinergi antara BTPN dan OTO Group dalam menangkap peluang pertumbuhan pasar pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua di Indonesia.

Akuisisi Bank BTPN terhadap OTO Group menjadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam menyediakan portofolio bisnis yang semakin lengkap untuk melayani segmen nasabah lebih luas. Bergabungnya OTO Group ke ekosistem Bank BTPN dapat mendorong inovasi produk dan layanan agar semakin relevan, memberikan nilai tambah dan mendorong terciptanya kehidupan yang lebih berarti bagi semua pemangku kepentingan, terutama para nasabah kami, ujar Direktur Utama PT Bank BTPN Tbk, Henoch Munandar di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Setelah penyelesaian akuisisi tersebut, komposisi kepemilikan saham OTO Group, Bank BTPN sebesar 51 persen, PT Summit Auto Group yang merupakan anak perusahaan Sumitomo Corporation 34 persen, dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk 15 persen.

"Integrasi OTO Group ke jaringan Bank BTPN diharapkan dapat semakin melengkapi portofolio produk dan layanan perseroan yang senantiasa relevan bagi nasabah. Sinergi tersebut juga diproyeksikan membuka berbagai peluang baru untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat Indonesia, khususnya di sektor pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua," katanya.

Presiden Direktur SOF dan CEO OTO Group, Victoria Rusna menerangkan penyelesaian akuisisi ini merupakan sebuah pencapaian penting bagi OTO Group selama hampir tiga dekade melayani masyarakat Indonesia. Terkait kinerja pembiayaan OTO Group mencatatkan Rp15-16 triliun per tahun.

"Sinergi dengan Bank BTPN akan memotivasi OTO Group untuk terus bertumbuh secara berkelanjutan menjadi penyedia solusi keuangan bagi masyarakat, serta dapat menciptakan ekosistem pembiayaan yang lebih luas jangkauannya kepada masyarakat, khususnya masyarakat daerah terpencil atau yang belum terjangkau layanan keuangan. katanya.

Adapun kolaborasi Bank BTPN dan OTO Group mencakup, antara lain pembiayaan bersama (joint financing), perluasan ekosistem bagi kedua entitas melalui pemanfaatan masing-masing jaringan cabangnya di Indonesia, serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai program pelatihan bersama.

"Kolaborasi antara Bank BTPN dan OTO Group juga diharapkan akan dapat memperluas potensi basis pelanggan OTO Group, serta dapat meningkatkan kualitas kehidupan finansial masyarakat Indonesia," ujar Victoria Rusna.

Topik Menarik