Usung DNA MotoGP, Aprilia Bikin Motor Spesifikasi Balap

Usung DNA MotoGP, Aprilia Bikin Motor Spesifikasi Balap

Otomotif | sindonews | Sabtu, 27 April 2024 - 11:07
share

Aprilia membangun motor sport XTrenta RSV4 dengan spesifikasi yang mendekati motor balap Aleix Espargaro dan Maverick Vinales di MotoGP. DNA MotoGP ini sengaja dihadirkan agar para konsumen bisa merasakan persaingan ajang balap motor paling bergengsi itu.

Melansir Ride Apart, Sabtu (27/4/2024) motor sport ini mengunakan basis RSV4 yang sudah ditingkatkan untuk menopang mesin dengan tenaga 230 hp, berkat sokongan kompresi besar. Motor ini juga menggunakan knalpot dari SC Project dan filter udara dengan spesifikasi balap MotoGP.

Terpasang juga sistem pendingin spesifikasi MotoGP dan oli dari Taleo Tecnoracing yang dapat mendukung performa tinggi, sehingga motor ini sangat cocok untuk digunakan balapan tanpa melakukan perubahan.

Untuk memberikan tampilan seperti motor MotoGP, Aprilia memasang perangkat aerodinamika. Komponen tersebut diklaim dapat mengurangi hambatan motor sebesar 4 persen dan meningkatkan beban aero sebesar 25 persen.

Di sektor kaki-kaki, sudah menggunakan velg magnesium dari Marchesini M7R GENESI yang masing-masing lebih ringan 2 kilogram dari velg standar. Untuk mendukung kegiaran di trek, velg tersebut dibalut dengan ban slick Pirelli Diablo SBK khusus sirkuit.

Aprilia Xtrenta RSV4 yang sudah mendapat banyak peningkatan itu dibanderol USD80.000 atau setara Rp1,2 miliar. Motor tersebut juga sudah ditandatangani para pembalap pabrikan Aprilia di MotoGP.

Sekadar informasi, Aprilia RSV4 RF tipe standar dibanderol sekitar Rp823 juta. Meski XTrenta RSV4 lebih mahal sekitar Rp400 juta, tapi ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Konsumen motor sport tersebut nantinya bisa menikmati perjalanan nonton MotoGP musim 2024 serta dapat VIP experience, meet & greet dengan pembalap, dan bebas masuk ke garasi Aprilia Racing.

Topik Menarik